Kajian alat bantu penangkapan ikan studi kasus komunitas nelayan desa Tongas Kulon, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tamrin, Achmad Husni (2019) Kajian alat bantu penangkapan ikan studi kasus komunitas nelayan desa Tongas Kulon, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Husni Tamrin_ H04214004.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pentingnya alat tangkap ikan yang ramah lingkungan dalam menjaga kelestarian ekosistem perairan membuat nelayan di daerah Tongas Kulon, Probolinggo menggunakan alat tangkap tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi alat bantu penangkapan ikan tradisional (suling) diantaranya mengetahui sejarah, cara pembuatan dan cara penggunaan Suling sebagai alat bantu penangkapan ikan ikan di Desa Tongas Kulon, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini dilakukan pada bulan September hingga Oktober 2019. Metode dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara mendalam dan teknik wawancara semi-structured. Berdasarkan hasil survei diketahui alat suling berasal dari Kabupaten Tuban. Alat tersebut terbuat dari kayu waru dan bambu yang memilki ukuran panjang 141–183 cm. Cara penggunaan alat bantu penangkapan ikan (suling) adalah dengan cara mencelupkan sebagian alat dan menempelkan telinga ke bagian kepala alat suling, sehingga akan terdengar suara ikan dibawah laut. Jenis alat suling ini terdiri dari 5 Jenis Suling yaitu diantaranya adalah suling Waru dengan masa penggunaan 5 Tahun, Suling Bambu dengan masa penggunaan 1,8 Tahun, Suling Waru Bambu dengan masa penggunaan 5 Tahun, Suling Waru Jati dengan masa penggunaan 5 Tahun dan Suling Bambu Waru dengan masa penggunaan 1,8 Tahun.Jenis ikan yang bisa dideteksi menggunakan alat suling yaitu ikan gerabah, ikan janas, ikan dukang, ikan omang-omang, kerang, ikan dodok, dan ikan teri. Hasil tangkapan ikan mencapai 10 kg/penebaran jaring. Harga jual ikan yang didapatkan tersebut adalah ± Rp. 10.000 hingga Rp. 20.000 setiap kilogram.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tamrin, Achmad Husnihusnitamrin850@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Kelautan
Keywords: Suling; Alat bantu penangkapan Ikan Tradisional; Tongas Kulon; Probolinggo.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Tamrin Achmad Chusni
Date Deposited: 15 Feb 2019 07:46
Last Modified: 15 Feb 2019 07:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30355

Actions (login required)

View Item View Item