Pengembangan pembelajaran Matematika model Reciprocal Teaching dengan menginternalisasikan nilai-nilai akhlak dalam kitab Washoya Al Aba' Lil Abna'

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muaffah, Ufik Nafidatul (2019) Pengembangan pembelajaran Matematika model Reciprocal Teaching dengan menginternalisasikan nilai-nilai akhlak dalam kitab Washoya Al Aba' Lil Abna'. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ufik Nafidatul Muaffah_D04214016.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran matematika melalui produk berupa RPP, modul dan LKPD yang valid secara internal maupun eksternal. Produk tersebut dikembangkan dengan model pembelajaran reciprocal teaching disertai proses internalisasi nilai-nilai akhlak dalam kitab washoya al aba’ lil abna’. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan lima tahapan sesuai model pengembangan ADDIE yaitu, Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Produk yang telah dikembangkan divalidasi oleh validator ahli untuk menentukan tingkat integritas produk. Produk pengembangan juga divalidasi oleh validator pengguna untuk menentukan tingkat kepraktisan produk. Implementasi produk dilakukan di kelas IX-2 SMPN 5 Sidoarjo dan kelas IX-F SMPN 1 Tulangan dengan jumlah peserta didik sebanyak 69 anak. Peserta didik berperan sebagai validator audience dengan mengisi lembar evaluasi diri tahap awal dan akhir. Data dari lembar evaluasi diri tahap awal dan akhir dianalisis menggunakan uji-t berpasangan untuk menentukan validitas eksternal produk. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah produk yang valid secara internal dan eksternal. Integritas produk dinyatakan “valid” berdasarkan hasil validasi ahli untuk RPP, modul dan LKPD berturut-turut memperoleh rata-rata total 3,35; 3,23; dan 3,50. Kepraktisan produk dinyatakan “sangat valid” berdasarkan hasil validasi pengguna untuk RPP, modul dan LKPD berturut-turut memperoleh rata-rata total 3,76; 3,72; dan 3,93. Uji-t berpasangan berdasarkan skor evaluasi diri peserta didik pada masing-masing sekolah menunjukkan bahwa produk dapat meningkatkan kepemilikan nilai akhlak peserta didik dengan hasil yang signifikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muaffah, Ufik Nafidatulunafidatul14395@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Model reciprocal teaching; internalisasi nilai-nilai akhlak; validitas internal; validitas eksternal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Muaffah Ufik Nafidatul
Date Deposited: 18 Feb 2019 08:10
Last Modified: 18 Feb 2019 08:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30357

Actions (login required)

View Item View Item