Optimalisasi pengelolaan sampah Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilmiah, Vara Syarifah Ulfi (2019) Optimalisasi pengelolaan sampah Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vara Sarifah Ulfi Ilmiah_H75214019.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pengelolaan sampah yang kurang optimal di Kecamatan Jekan Raya yakni kurangnya estetika akibat pewadahan terbuka, efektifitas pengumpulan dan pelayanan persampahan. Sehingga diperlukan upaya optimalisasi pengelolaan sampah di Kecamatan Jekan Raya dengan mempertimbangkan beberapa aspek guna pengadaan sistem pengelolaan sampah yang terpadu. Tujuan penelitian ini yakni optimalisasi pengelolaan sampah pada aspek teknis operasional dan partisipasi masyarakat. Pengukuran timbulan dan komposisi sampah mengikuti SNI 19-3964-1994. Metode load count analisis yakni pengukuran langsung timbulan dan komposisi sampah pada domestik dan non-domestik di sumber. Jumlah sampel domestik sebanyak 38 rumah dan non-domestik 93 unit selama 8 hari berturut-turut di Kecamatan Jekan Raya. Partisipasi masyarakat diperoleh dengan metode kuisioner kepada masyarakat dan dilakukan uji chi-square. Pada Tahun 2018 laju timbulan sampah di Kecamatan Jekan Raya sebesar 386,329 m3/hari dan Tahun 2028 laju timbulan meningkat sebesar 558,56 m3/hari. Rata-rata komposisi sampah di Kecamatan jekan Raya didominasi oleh sampah organik sebesar 43,8% serta sampah plastik dan kertas dengan persentase masing-masing 25%. Skor capaian partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah di Kecamatan Jekan Raya sebesar 57,88% (sedang). Hasil uji chi-square partisipasi masyarakat Kecamatan Jekan Raya berhubungan dengan faktor pendidikan dan pendapatan. Berdasarkan komposisi yang dihasilkan sampah di kecamatan Jekan Raya memiliki potensi ekonomi. Nilai ekonomi sampah dihitung berdasarkan dua alternatif dimana keuntungan yang diperoleh untuk alternatif 1 sebesar Rp. 11.413.149,-/hari dan alternatif 2 sebesar Rp. 41.396.297,-/hari. Upaya optimalisasi pada aspek teknis yakni pewadahan dengan sistem komunal dan pengumpulan sampah dialokasikan ke TPST. Optimaliasi pada partisipasi masyarakat dengan penyuluhan dan pembinaan secara rutin.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilmiah, Vara Syarifah Ulfivarasyarifah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi
Hubungan Masyarakat
Lingkungan Hidup
Teknik Lingkungan
Keywords: Optimalisasi; Pengelolaan sampah; Partisipasi Masyarakat; Potensi Ekonomi.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Ilmiah Vara Sarifah Ulfi
Date Deposited: 18 Feb 2019 03:24
Last Modified: 18 Feb 2019 03:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30358

Actions (login required)

View Item View Item