Analisis Hukum Islam terhadap Hadanah anak pasangan Skizofrenia di Dusun Peluk Desa Pacarpeluk Kecamatan Megaluh Kabupaten Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maf’ulah, Hanim (2019) Analisis Hukum Islam terhadap Hadanah anak pasangan Skizofrenia di Dusun Peluk Desa Pacarpeluk Kecamatan Megaluh Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hanim Maf’ulah_C91215128.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan (field research) di Dusun Peluk Desa Pacarpeluk Kecamatan Megaluh Kabupaten Jombang dengan teknik mengumpulkan data yang diguunakan dalam penelitan ini adalah wawancara dan observasi. Selanjutnya data yang berhasil dikumpulkan dianalisis olehpenulis dengan hukum Islam dengan menggunakan teori-teori hukum Islam untuk ditarik sebuah kesimpulan.Hasil penelitiian menyimpulkan bahwa Pelaksanaan hadanah di Dusun Peluk Desa Pacar Peluk Kecamatan Megaluh Kabupaten Jombang yakni seperti ayahnya menggendong erat dan mengajak bicara anaknya melantur kemana-mana. Sedangkan ibunya yang bisanya hanya meneta/membelajari berjalan anaknya dituntun dengan kaki juga kepalanya berada dilantai serta cara menggendongnya membahayakan anaknya dengan sikap perut anaknya berada dipundak ibunya. Jika anaknya menangis, ayah dan ibunya marah-marah dan menertawakan anaknya. Relevansi pelaksanaan hadanah anak pasangan skizofrenia di Dusun Peluk Desa Pacar Peluk Kecamatan Megaluh Kabupaten Jombang tidak sesuai dengan hadanah dalam hukum Islam. Dengan demikian hak asuh anak tidak berjalan dengan semestinya melihat dari kondisi kedua orangtuanya yang benar-benar belum maksimal mengasuh anaknya sendiri. Sejalan dengan kesimpulan diatas, maka pihak yang berkaitan disarankan pertama, Kepada kepala Desa Pacarpeluk agar memperhatikan kebutuhan anak tersebut. Kedua, Untuk nenek (ibunya mbak Iin) akan selalu memperhatian perawatan anak pasangan skizofrenia agar tidak membahayakan anak tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maf’ulah, Hanimhanimmaf@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Perkawinan
Keywords: skizofrenia; Hadanah.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Maf'ulah Hanim
Date Deposited: 18 Feb 2019 02:53
Last Modified: 18 Feb 2019 02:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30415

Actions (login required)

View Item View Item