Peningkatan keterampilan berbicara melalui media cerita bergambar pada kelompok a1 di taman kanak-kanak Al-Ittihaad Bulusari Kecamatan Gempol

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dwi fatmasari, Dwi Fatmasari (2019) Peningkatan keterampilan berbicara melalui media cerita bergambar pada kelompok a1 di taman kanak-kanak Al-Ittihaad Bulusari Kecamatan Gempol. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
File Skripsi Fuul + Lampiran.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian di latar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa keterampilan berbicara anak masih sangat rendah. Hal ini disebabkan karena metode pembelajaran yang digunakan oleh pendidik kurang menarik, strategi yang digunakan oleh guru masih cenderung monoton atau teacher center, enerapan metode bercerita bergambar didalam ketrampilan berbicara anak pada siswa kelompok A1 di TK Al-Ittihaad Bulusari kecamatan Gempol, serta peningkatan kemampuan berbicara sebelum dan sesudah anak kelompok A1 di TK Al-Ittihaad Bulusari kecamatan Gempol, setelah menggunakan pembelajaran brcerita gambar.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak pada kelompok A di Taman Kanak-Kanak AL-Ittihaad Bulusari Kecamatan Gepol. dengan metode cerita bergambar. Untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara anak sebelum dan sesudah kelompok A1 di TK Al-Ittihaad Bulusari kecamatan Gempol setelah adanya pemanfaatan media gambar.Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas dengan waktu penelitian selama 1 bulan pada akhir bulan November dan awal bulan Desembar. Kemmis menggambarkan PTK terdapat 4 tahap: perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Empat tahapan tersebut membentuk satu siklus, penelitian ini terdiri dari pra siklus, siklus I, siklus II. Teknik pengumpulan data yang di gunakan menggunakan observasi, unjuk kerja, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian menggunakan penilaian analisis deskrisi kualitatif.Penelitian tindakan kelas pada 2 siklus, dalam siklus 1 menunjukkan observasi aktivitas guru dan anak didik memperoleh nilai 68,3. Pada siklus II observasi guru dan anak didik 72,6. Pada setiap siklus mengalami adanya peningkatan sehingga dapat dilihat perkembangan anak didik pada sitiap siklus hasil keterampilan berbicara anak kurang dari 75% sehingga perlu adanya refleksi dan perbaikan pada siklus 2. Dari hasil penelitian, adanya peningkatan prosentase kemampuan berbicara anak yaitu pada siklus 1 sebanyak 62,5%, dan siklus 2 sebanayak 82,3 % sehingga tidak perlu dilaksanakan ke siklus berikutnya karena keberhasilan anak dalam keterampilan berbicara anak sudah meningkat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dwi fatmasari, Dwi Fatmasarilutfidwifatmasari@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Qumillaila Qumillaila
Date Deposited: 18 Feb 2019 04:11
Last Modified: 18 Feb 2019 04:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30425

Actions (login required)

View Item View Item