Pengelolaan program pendidikan kesetaraan paket B dan C di PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) AL Hikmah kecamatan Sukodono kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tamami, Chilna (2019) Pengelolaan program pendidikan kesetaraan paket B dan C di PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) AL Hikmah kecamatan Sukodono kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Chilnamin Tamami_D93214069.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pengelolaan pendidikan kesetaraan adalah kegiatan mengelola pendidikan non formal dengan standar kompetensi lulusan yang sama dengan pendidikan formal yang dilakukan secara sistemik, serta memiliki komponen dan tujuan. Melalui 3 aspek pengelolaan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode wawancara mendalam. Data yang dianalisis dalam penelitian ini berupa narasi transkrip yang dihasilkan melalui wawancara dan dokumentasi melalui 3 tahap analisis yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dilakukan dengan berpedoman pada hasil evaluasi tahun sebelumnya dengan cara menentukan tujuan, sasaran, jenis kegiatan, pelaksana kegiatan, proses kegiatan, fasilitas, biaya, dan sumber pendukung lainnya. Pelaksanaan pendidikan kesetaraan dilakasanakan oleh direktur selaku pimpinan serta jajaran pengurusnya dan seluruh masyarakat PKBM. Pelaksanaan pendidikan kesetaraan di PKBM Al Hikmah dikatakan model pendidikan kesetaraan sebagai model pembuangan sampah dan model alternaif bagi pendidikan sekolah. Proses evaluasi yang dilakukan terbatas pada evaluasi hasil yaitu hasil belajar peserta didik dan evaluasi proses. Dalam pengelolaan sebuah lembaga tidak lepas dengan faktor pendukung dan penghambat, faktor pendukung dalam pengelolaan ini yaitu fasilitas gedung milik lembaga sendiri dan disertai sarana dan prasarana yang memadai. Faktor penghambat dalam pngelolaan adalah kurangnya sumber belajar untuk warga belajar dan faktor cuaca yang menghabat kehadiran warga belajar

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tamami, Chilnachilnamin@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan > Pendidikan Lanjutan
Keywords: Pengelolaan; Pendidikan Kesetaraan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Tamami Chilnamin
Date Deposited: 18 Feb 2019 06:30
Last Modified: 18 Feb 2019 06:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30430

Actions (login required)

View Item View Item