Komparasi pemikiran Eksistensialisme Religius Kierkegaard dan Iqbal terhadap puisi Zion karya Judah Ha-Levi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriyani, Maya (2019) Komparasi pemikiran Eksistensialisme Religius Kierkegaard dan Iqbal terhadap puisi Zion karya Judah Ha-Levi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maya Fitriyani_E71214040.pdf

Download (1MB)

Abstract

Maya Fitriyani, E71214040, 2019, Komparasi Pemikiran Eksistensialisme Religius Kierkegaard dan Iqbal Terhadap Puisi Zion Karya Judah Ha-Levi, Skripsi, Aqidah dan Filsafat Islam. Fakultas Ushuluddin dan Filsafat Islam. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Persoalan yang dikaji dalam skripsi ini ada 2 poin, yaitu: (1) Bagaimana karya puisi Zion Judah Ha-Levi ?, (2) Bagaimana puisi Zion Judah Ha-Levi dalam eksistensialisme religius Søren Aabey Kierkegaard dan Muhammad Iqbal ?. Demi terjawabnya persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, penelitian ini menggunakan metode desktiptif-komparatif yang berguna untuk mengurai tentang puisi Zion Judah Ha-Levi, yang dianalisis dengan teori eksistensialisme religius milik dua tokoh, Søren Aabey Kierkegaard dengan tiga tahapan entitas yaitu estetis, etis, dan religius. Serta Sir Muhammad Iqbal dengan filsafat Khudi. Hasil penelitian ini ditemukan yaitu: (1) Melalui puisi karya Judah Ha-Levi ditemukan gambaran sosok Judah Ha-Levi terhadap Zion. Mulai dari Zion sekedar arti tempat hingga arti kerinduan Illahi sang Judah Ha-Levi. (2) Hasil dari analisis menggunakan tahapan entitas Søren Aabey Kierkegaard, bahwa dalam puisi Zion ditemukan tahapan entitas Judah Ha-Levi, mulai dari entitas estetis sebagai tahapan terendah ketika Judah Ha-Levi menikmati pelayanan bagi kelas kaum Yahudi elit, naik pada tahapan entitas etis yang ditandai kehati-hatian Judah Ha-Levi dalam memilih profesi kerja, hingga pada puncak entitas religius Judah Ha-Levi memenuhi panggilan menuju Zion. Kemudian dilengkapi dengan gagasan Sir Muhammad Iqbal tentang filsafat Khudi, sebagai alasan dari tindakan Judah Ha-Levi terjawab lebih rinci.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriyani, Mayaiftiamaiasachan@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Filsafat > Filsafat Agama
Puisi
Keywords: Zion Judah Ha-Levi; Tahapan Entitas Kierkegaar;, Filsafat Khudi Iqbal
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Fitriyani Maya
Date Deposited: 19 Feb 2019 03:15
Last Modified: 19 Feb 2019 03:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30434

Actions (login required)

View Item View Item