Konsepsi Emha Ainun Nadjib tentang Relasi Islam dan Budaya dalam Perspektif Filsafat Budaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ma'ruf, Mudzakkir (2019) Konsepsi Emha Ainun Nadjib tentang Relasi Islam dan Budaya dalam Perspektif Filsafat Budaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mudzakkir Ma'ruf_E91214048.pdf

Download (3MB)

Abstract

Masalah pokok dalam skripsi ini mengenai “Konsepsi Emha Ainun Nadjib Tentang Relasi Islam Dan Budaya Dalam Perspektif Filsafat Budaya” penelitian ini dilakukan karena persoalan ini sering muncul di masyarakat dan menimbulkan sebuah gejolak, yang kadangkala menimbulkan suatu perpecahan di orang Islam. kalau hanya beda pendapat tentu sah-sah saja namun kadangkala sampai pada titik permusuhan yang menimbulkan korban. Penelitian ini mencoba menggali pemikiran Emha Ainun Nadjib yang menurut hemat peneliti bisa diterima karena sosok Emha yang sangat dihargai oleh berbagai macam kelompok. Dengan begitu ketegangan dalam masyarakat bisa diredam. Bentuk penelitian skripsi ini adalah penelitian kepustakaan (literer), yaitu mencari data mengenai variabel yang berupa catatan, transkip, skripsi, tesis artikel, dan buku yang membahas mengenai Pemikiran Emha Ainun Nadjib tentang relasi Islam dan budaya. Sedangkan dalam pengumpulan data dalam penelitian skripsi ini peneliti juga mengumpulkan karya tulis lainnya yang didalamnya juga berkaitan dengan pembahasan baik secara langsung ataupun tidak langsung mengenai konsep yang dikaji untuk mendapatkan gambaran atau data secara detail. Sedangkan metode analisa, penulis menggunakan teori deduktif yang memberikan keterangan yang mendalam dari suatu perkiraan atau pikiran spekulatif tertentu menuju ke arah data yang akan diterangkan oleh peneliti. Peneliti menggunakan metode kualitatif yang dalam kerangka berpikirnya terletak pada penganalisaan secara konseptual mengenai makna yang terkandung seobyektif mungkin. Peneliti menghasilkan kesimpulan, bahwasanya relasi Islam dan budaya dalam pandangan Emha Ainun Nadjib terbagi menjadi 3 yaitu pertama, budaya sebagai identitas keberislaman. Kedua, manusia sebagai makhluk kultural dan spiritual. Ketiga, pemilahan budaya. dalam perspektif filsafat budaya relasi Islam dan budaya hakikatnya terbagi menjadi 2 yaitu, pertama Islam merupakan bagian dari budaya atau sebaliknya. kedua, Islam dan budaya memiliki karakter yang berbeda jadi tidak ada kaitanNya satu sama lain. Kata kunci: Relasi Islam dan budaya, Emha Ainun Nadjib, dan Filsafat budaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ma'ruf, Mudzakkirmudzakkir9596@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Budaya Islam
Filsafat
Keywords: Relasi Islam dan budaya; Emha Ainun Nadjib; dan Filsafat budaya
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Ma'ruf Mudzakkir
Date Deposited: 19 Feb 2019 03:09
Last Modified: 19 Feb 2019 03:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30437

Actions (login required)

View Item View Item