Analisis fiqh al siyasah al dusturiyyah terhadap fungsi checks and balances Dewan Perwakilan Daerah dalam sistem bicameral menurut Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2018

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alfanani, M. Tawakkil Rafi (2019) Analisis fiqh al siyasah al dusturiyyah terhadap fungsi checks and balances Dewan Perwakilan Daerah dalam sistem bicameral menurut Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2018. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Tawakkil Rafi Alfanani_C05215020.pdf

Download (741kB)

Abstract

Pergulatan reformasi 1998-2002 memunculkan gagasan untuk memperbaiki Undang-Undang Dasar agar ia mampu membangun sistem politik dan ketatanegaraan yang demokratis. karena selama berlakunya Undang-Undang Dasar 1945 dalam tiga periode sistem politik ternyata di Indonesia tak pernah lahir sistem politik yang demokratis sehingga selalu timbul korupsi dalam berbagai bidang kehidupan. Salah satu gagasan perubahan yang ketika itu ditawarka adalah usulan tentang sistem dan mekanisme checks and balances didalam sistem politik dan ketatanegaraan, salahsatunya diwujudkan dengan pembentukan lembaga Dewan Perwakilan Daerah yang mengubah sistem lembaga Legislatif yang awalnya unicameral menjadi parlemen sistem bicameral yang terdiri dari Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Daerah. Akan tetapi kewenangan Dewan Perwakilan Daerah yang diberikan oleh Undang-Undang Dasar 1945 yang selanjutnya dirumuskan kedalam Undang-Undang Nomor 2 tahun 2018 kurang dapat melakukan checks and balances kepada Dewan Perwakilan Rakyat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alfanani, M. Tawakkil Rafirafialfanani20@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Hukum
Hukum > Hukum Tata Negara
Keywords: Checks and balances; bicameral; Legislatif; Dewan Perwakilan Daerah.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Alfanani M. Tawakkil Rafi
Date Deposited: 18 Feb 2019 06:44
Last Modified: 18 Feb 2019 06:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30441

Actions (login required)

View Item View Item