Tinjauan hukum Islam terhadap implementasi Pembiayaan Musyarakah di pengelolaan Syariah Trade Center (STC) Pasar Turi Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Perdana, Raka Putra (2019) Tinjauan hukum Islam terhadap implementasi Pembiayaan Musyarakah di pengelolaan Syariah Trade Center (STC) Pasar Turi Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Raka Putra Perdana_C72214050.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil dari penelitian lapangan dengan judul “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Implemetasi Pembiayaan Musyarakah di Pengelolaan Syariah Trade Center (STC) Pasar Turi Surabaya”. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan; Bagaimana implementasi pembiayaan musyarakah di pengelolaan Syariah Trade Center (STC) Pasar Turi Surabaya? Dan bagaimana tinjauan Hukum Islam terhadap pembiayaan musyarakah di pengelolaan Syariah Trade Center (STC) pasar Turi Surabaya? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dihimpun melalui wawancara dan observasi terhadap para responden dan informan yang relevan dengan fenomena ini. Data yang dihimpun, selanjutnya dianalisis dengan pola deskriptif-deduktif yaitu dengan menggambarkan atau mendeskripsikan secara jelas tentang implementasi pembiayaan musyarakah di pengelolaan Syariah Trade Center (STC) pasar Turi Surabaya kemudian dianalisis dengan menggunakan tinjauan hukum Islam. Setelah dilakukan analisis kemudian ditarik kesimpulan dan memberikan saran-saran. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa praktik pembiayaan musyarakah yang berada di salah satu pusat perbelanjaan syariah di pasar Turi baru lantai 4 Surabaya, pihak pengelola Syariah Trade Center (STC) telah melakukan kesepakatan di awal terhadap semua pedagang yang ingin bergabung dengan Syariah Trade Center (STC) dan bagaimana syarat untuk para pedagang baru yang ingin bergabung diantaranya; 1) Memiliki KTP Indonesia, 2) Punya niat berjualan walaupun belum memiliki pengalaman, 3) Membawa contoh produk untuk diseleksi, 4) Membayar deposit Rp 1 juta untuk kios. Deposit tersebut akan dikembalikan ketika pedagang sudah tidak bergabung dengan Syariah Trade Center (STC). Dalam hukum Islam mekanisme akad pembiayaan musyarakah di pengelolaan Syariah Trade Center (STC) pasar Turi baru Surabaya sudah sesuai dengan fatwa DSN-MUI No: 08/DSN-MUI/IV/2000, pernayataan ijab-kabul dinyatakan oleh pengelola dan pedagang bahwasannya proses transaksi jual-beli hanya dilakukan di area Syariah Trade Center (STC). Mengacu dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti memberi saran yang dapat dikemukakan oleh peneliti yaitu bahwa pusat perbelanjaan Syariah Trade Center (STC) benar-benar menyesuaikan semua transaksi dengan hukum Islam, dan pedagang hendaknya amanah dalam melakukan proses jual-beli di pusat perbelanjaan Syariah Trade Center (STC).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Perdana, Raka Putraputraraka49@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Musyarakah
Keywords: Pembiayaan Musyarakah; Syariah Trade Center
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Perdana Raka Putra
Date Deposited: 18 Feb 2019 07:43
Last Modified: 18 Feb 2019 07:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30455

Actions (login required)

View Item View Item