Analisis tingkat kerentanan wilayah pesisir terhadap bencana banjir di Kota Pasuruan, Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alfiani, Verinda (2019) Analisis tingkat kerentanan wilayah pesisir terhadap bencana banjir di Kota Pasuruan, Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Verinda Alfiani_H94214029.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pesisir Kota Pasuruan merupakan wilayah yang dinamis. Kondisi dinamis tersebut dapat mempengaruhi kerentanan pesisir. Kerentanan pesisir Kota Pasuruan terhadap bencana banjir disebabkan karena beberapa faktor fisik di laut dan di darat. Upaya mencegah dampak yang ditimbulkan akibat bencana di kawasan pesisir dapat dilakukan dengan melakukan analisis kerentanan wilayah pesisir. Analisis penentuan kerentanan wilayah pesisir dapat dilakukan dengan penilaian terhadap kondisi fisik daerah pesisir. Penilaian tingkat kerentanan pesisir pada penelitian ini menggunakan metode CVI (Coastal Vulnerability Index). CVI adalah metode ranking relatif berbasis skala indeks dari parameter fisik seperti: geomorfologi, perubahan garis pantai, elevasi, pasang surut, kenaikan muka air laut, dan tinggi gelombang. Hasil yang diperoleh dari metode CVI menunjukkan bahwa tingkat kerentanan pesisir Kota Pasuruan tergolong pada kategori kerentanan sedang. Daerah yang berada pada kategori ini berada di desa Gadingrejo dengan nilai CVI yang berada di kisaran 0,377- 7, 600. Sedangkan pada desa Tambaan, Ngemplarejo, Panggungrejo, Mandaranrejo, Kepel, dan Blandongan memiliki nilai CVI lebih dari 7,600. Nilai tersebut menunjukkan bahwa desa Tambaan, Ngemplarejo, Panggungrejo, Mandaranrejo, Kepel, dan Blandongan memiliki tingkat kerentanan pada kategori rentan. Perolehan nilai CVI tersebut menunjukkan bahwa hampir keseluruhan wilayah pesisir Kota Pasuruan berada pada tingkat kerentanan kategori rentan terhadap bencana banjir di wilayah pesisir.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alfiani, Verindaverindaalviani@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Kelautan
Keywords: Kerentanan Pesisir; CVI; Kota Pasuruan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Alfiani Verinda
Date Deposited: 18 Feb 2019 04:09
Last Modified: 18 Feb 2019 04:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30456

Actions (login required)

View Item View Item