Pengaruh organizational citizenship behavior terhadap kinerja guru di SDI Raudlatul Jannah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rostamy, Rizky (2019) Pengaruh organizational citizenship behavior terhadap kinerja guru di SDI Raudlatul Jannah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizky Rostamy_D93214085.pdf

Download (3MB)

Abstract

Mengelola sumber daya manusia secara efektif perlu mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi manusia berperilaku di tempat kerja. Suatu organisasi yang sukses akan menginginkan dan membutuhkan sumber daya manusia yang bersedia melakukan lebih dari tugas mereka, yang akan memberikan kinerja yang melebihi harapan. Perilaku itu disebut dengan organizational citizenship behavior. Begitu pula dalam dunia pendidikan, organizational citizenship behavior memperlihatkan perilaku prososial yang akan memberikan nilai tambah seorang guru. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah diantaranya: (1) Apakah terdapat pengaruh organizational citizenship behavior terhadap kinerja guru di SDI Raudlatul Jannah Sidoarjo?; (2) Seberapa besar pengaruh organizational citizenship behavior terhadap kinerja guru di SDI Raudlatul Jannah Sidoarjo?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini yaitu organizational citizenship behavior sebagai variabel bebas (X) dan kinerja guru sebagai variabel terikat (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru kelas SDI Raudlatul Jannah Sidoarjo yang berjumlah 62 guru. Oleh karena jumlah populasi kurang dari 100, maka penelitian ini adalah penelitian populasi dimana seluruh populasi dijadikan responden penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Pengambilan keputusan uji hipotesis menggunakan bantuan program SPSS versi 25. Teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi, analisis koefisien determinasi, dan analisis regresi linier sederhana. Hasil yang diperoleh melalui perhitungan menghasilkan t hitung sebesar 3,765. Pengujian hipotesis taraf signifikansi (a) ditetapkan 0,05 (5%) dan menggunakan uji dua pihak (sig. 2-tailed), serta didasarkan pada derajat kebebasan (degree of freedom) dk = n – 2, yaitu 50 – 2 = 48, sehingga diperoleh nilai t tabel = 2,010. Maka nilai t hitung > t tabel (3,765 > 2,010), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya organizational citizenship behavior memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru. Untuk mengetahui berapa persen pengaruh tersebut, maka perlu dicari koefisien determinasi (R Square) dengan rumus r2 x 100%. Dan ditemukan bahwa pengaruh organizational citizenship behavior terhadap kinerja guru di SDI Raudlatul Jannah Sidoarjo sebesar 22,4%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rostamy, Rizkyrizkyrstmy@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Guru
Manajemen Pendidikan
Manajemen dan organisasi sekolah
Keywords: Organizational citizenship behavior; kinerja guru; perilaku prososial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rostamy Rizky
Date Deposited: 18 Feb 2019 06:20
Last Modified: 18 Feb 2019 06:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30475

Actions (login required)

View Item View Item