Komunikologi Al-Qur’an : Pendekatan komunikasi efektif dalam Tafsir al-Misbah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mashud, Mashud (2019) Komunikologi Al-Qur’an : Pendekatan komunikasi efektif dalam Tafsir al-Misbah. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
MASHUD_F05531329.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kajian tentang ayat-ayat komunikasi dalam al-Qur’an dengan berbagai pendekatan telah banyak dilakukan, namun kajian tentang term qawl sebagai bagian dari ayat-ayat komunikasi dengan pendekatan kajian ilmu tafsir belum ada yang melakukan. Telaah ini mencoba menjawab kurangnya kajian tersebut. Fokus permasalahan yang diangkat adalah: bagaimana pengungkapan term qawl dalam al-Qur’an, bagaimana konsep qawl dalam Tafsir al-Misbah melalui pendekatan komunikasi efektif, dan bagaimana hubungan konsep qawl dalam tafsir al-Misbah dengan teori komunikasi efektif. Studi ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif pendekatan abduktif (induktif dan deduktif) dengan konsentrasi kajian library research. Metode penafsiran menggunakan metode mawdu’i, artinya metode tafsir yang berusaha mencari jawaban al-Qur’an tentang suatu masalah dengan jalan menghimpun seluruh ayat yang dimaksud lalu dianalisis. Teknis analisis menggunakan mix-analisis: analisis tafsir mawdui, analisis pendekatan komunikasi efektif, dan analisis hubungan antara teori komunikasi efektif dengan konsep qawl dalam al-Qur’an khususnya menurut tafsir al-Misbah. Dari hasil pembahasan dan analisis data diperoleh suatu kesimpulan bahwa pertama, pengungkapan term qawl dalam al-Qur’an dibagi tiga yaitu term qawl berdasarkan bentuknya, term qawl berdasarkan urutan mushaf, dan term qawl berdasarkan tartib nuzul. Kedua, ditemukan tiga konsep komunikasi efektif pada term qawl dalam al-Qur’an yaitu komunikator efektif, pesan efektif, dan komunikan efektif dengan segala indikatornya yang diperoleh dari hasil analisis term qawl dalam tafsir al-Misbah. Ketiga, berdasarkan pembahasan tentang hubungan konsep qawl dalam tafsir al-Misbah dengan teori komunikasi efektif, ditemukan 5 (lima) bentuk hubungan atau korelasi, yaitu (1) Hubungan similarisasi atau paralelisasi adalah konsep qawl dalam al-Qur’an memiliki kesamaan pandangan dengan teori komunikasi efektif. (2) hubungan konfirmatif adalah konsep qawl dalam al-Qur’an memberikan justifikasi sekaligus klarifikasi terhadap teori komunikasi efektif. (3) hubungan komplementasi adalah hubungan timbal-balik atau saling mengisi antara konsep qawl dalam al-Qur’an dengan teori komunikasi efektif. (4) hubungan informatif adalah konsep qawl dalam al-Qur’an memperkaya teori komunikasi efektif. Dan (5) hubungan korektif adalah konsep qawl dalam al-Qur’an mengoreksi kekurangan yang terdapat dalam teori komunikasi efektif. Penelitian ini sudah diupayakan semaksimal mungkin, namun dalam prakteknya masih terdapat kekurangan; diantaranya hanya mengkaji tafsir al-Misbah secara spesifik dan tidak mengkaji karya tafsir ulama Timur Tengah, hanya mengkaji pendekatan komunikasi efektif dan belum menggunakan sudut pandang bidang komunikasi lainnya. Hal ini bisa menjadi celah atau ruang kosong bagi peneliti berikutnya untuk mengkaji al-Qur’an menggunakan pendekatan lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mashud, Mashudhoed.09@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir
Divisions: Program Doktor > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Mashud Mashud
Date Deposited: 18 Feb 2019 07:25
Last Modified: 18 Feb 2019 07:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30516

Actions (login required)

View Item View Item