Analisis nilai-nilai pendidikan karakter perspektif Kevin Ryan dan Karen Bohlin yang terkandung dalan novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arieantho, Ryan Reynaldy (2019) Analisis nilai-nilai pendidikan karakter perspektif Kevin Ryan dan Karen Bohlin yang terkandung dalan novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ryan Reynlady Arieantho_D01214022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemenarikan Novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi yang berisi tentang kegigihan dalam belajar atau menuntut ilmu, selain itu juga tentang cara kita berbakti kepada kedua orang tua kita. Dalam keadaan masih atau sudah tidak adanya orang tua kita haruslah kita selalu berbakti kepada keduanya. Kegigihan semangat dalam belajar dan cita-cita yang diinginkan oleh penulis dan para teman-temannya dapat menjadi acuan motivasi untuk para pelajar khususnya di negeri ini. Tidak ada salahnya untuk selalu mempunyai mimpi meskipun itu setinggi langit. Jika kita selalu berusaha yakin akan mimpi kita, maka mimpi itu akan menjadi kenyataan. Nothing Impossible. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah novel Negeri 5 Menara. Metode pengumpulan data dalam penelitan ini adalah metode konten analisis atau konten isi yang terkandung di dalam novel tersebut. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa terdapat beberarapa nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Negeri 5 Menara, diantaranya : ( 1 ) Religius, ( 2 ) Sabar, ( 3 ) Ikhlas, ( 4 ) Bersyukur, ( 5 ) Peduli Sosial, ( 6 ) Berbakti kepada orang tua, ( 7 ) Menyeru kebaikan, ( 8 ) Disiplin, ( 9 ) Mandiri, ( 10 ) Kerja keras, ( 11 ) Bersungguh-sungguh, ( 12 ) Tegar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arieantho, Ryan Reynaldyryan.reynaldy94.rr@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Biografi
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Pendidikan Karakter; Nilai Pendidikan Karakter; Negeri 5 Menara
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arieantho Ryan Reynaldy
Date Deposited: 18 Feb 2019 08:41
Last Modified: 18 Feb 2019 08:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30518

Actions (login required)

View Item View Item