Propaganda Tiongkok terhadap Amerika Serikat melalui film: analisis isi film Wolf Warior II

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lutfi, Muti'atul (2019) Propaganda Tiongkok terhadap Amerika Serikat melalui film: analisis isi film Wolf Warior II. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muti'atul Lutfi_I92214021.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang representasi sikap Tiongkok terhadap Amerika Serikat melalui film Wolf Warrior II. Jenis pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode penelitian analisis isi. Dalam menganalisis film tersebut, peneliti menggunakan teknik-teknik propaganda, terdapat 7 (tujuh) teknik yang digunakan untuk mempropaganda khalayak, yaitu : 1) Name Calling;2) Glittering Generality;3) Transfer; 4) Plain Folks; 5) Testimonials; 6) Card Stacking; 7) Band Wagon. Berdasarkan teknik-teknik tersebut, Tiongkok menggambarkan sikapnya terhadap Amerika lewat film Wolf Warrior II dengan menampilkan adegan, gambar, dan dialog provokatif tentang Amerika Serikat. Hal yang ingin ditonjolkan oleh Tiongkok dalam film tersebut adalah eksistensi dan dominasinya di bidang militer, keamanan, dan pertahanan. Tidak hanya itu, Tiongkok juga ingin memperlihatkan posisi strategis hubungan politik dan ekonominya di Afrika terhadap Amerika Serikat, serta menggeser dominasinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lutfi, Muti'atulluthfimeutia@outlook.comUNSPECIFIED
Subjects: Politik Internasional
Keywords: Tiongkok; Film; Propaganda; Amerika Serikat
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Lutfi Muti'atul
Date Deposited: 19 Feb 2019 04:31
Last Modified: 19 Feb 2019 04:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30569

Actions (login required)

View Item View Item