Analisis hasil Ujian Nasional pelajaran matematika tingkat Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurniawati, Novi (2019) Analisis hasil Ujian Nasional pelajaran matematika tingkat Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Novi Kurniawati_D04213025.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ujian Nasional adalah sistem evaluasi atau penilaian standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dengan menetapkan standarisasi nasional pendidikan yang bertujuan sebagai pemetaan masalah pendidikan dalam rangka menyusun kebijakan pendidikan nasional. Ujian Nasional untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah perlu dilaksanakan dengan berbagai pertimbangan. Tujuan analisis hasil ujian nasional ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kesulitan siswa dalam pencapaian proses belajar dengan meninjau kembali hasil ulangan ujian peserta didik. Sehingga apabila terdapat materi yang belum tercapai, maka materi tersebut sebagai bahan evaluasi bagi pendidik pada pembelajaran. Serta memberikan informasi tingkat kesulitan dalam materi Ujian Nasional dan mengetahui tingkat kesulitan pada materi ujian dengan meninjau tingkat madrasah berdasarkan grade madrasah dan status akreditasi madrasah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Yaitu menggambarkan kegiatan penelitian yang dilakukan pada hasil ujian nasional 2016 secara jelas dan sistematis, dengan melakukan eksplorasi guna menerangkan dan memprediksi suatu gejala yang terjadi atas dasar data kualitatif yang telah diperoleh. Sumber data penelitian ini adalah naskah soal dan dokumentasi aplikasi PAMER 2016. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat kesulitan berdasarkan materi adalah pada materi (a) bilangan pada indikator ke-1 untuk soal termudah dan indikator ke-2 untuk soal tersulit, (b) Aljabar pada indikator ke-18 untuk soal termudah dan indikator ke-19 untuk soal tersulit, (c) Geometri pada indikator ke-29 untuk soal termudah dan indikator ke-26 untuk soal tersulit (d) Statistika dan Peluang pada indikator ke-40 untuk soal termudah dan indikator ke-37 untuk soal tersulit. Sedangkan tingkat kesulitan pada seluruh materi ujian nasional terdapat pada nomor indikator 18 pada materi Aljabar dan indikator 2 pada materi bilangan untuk soal tersulit. Untuk tingkat kesulitan berdasarkan grade madrasah (a) grade A tingkat kesulitan siswa terletak pada indikator ke-18 pada materi aljabar dan indikator ke-37 pada materi statistika dan peluang, (b) grade B tingkat kesulitan siswa terletak pada indikator ke-18 pada materi aljabar dan indikator ke-38 pada materi statistika dan peluang, (3) grade C tingkat kesulitan siswa terletak pada indikator ke-18 pada materi aljabar dan indikator ke-2 pada materi bilangan, dan (d) grade D tingkat kesulitan siswa terletak pada indikator ke-18 pada materi aljabar dan indikator ke-37 pada materi statistika dan peluang

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurniawati, Novinovikurnia1994.ny@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Analisis Ujian Nasional; Hasil UN SMP/MTs
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kurniawati Novi
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:42
Last Modified: 20 Feb 2019 01:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30598

Actions (login required)

View Item View Item