Implementasi metode Problem Solving dalam pengajaran Fiqih antara prestasi Kelas Unggulan dan prestasi Kelas Reguler di Kelas VIII SMP Ta'miriyah Surabaya: studi perbandingan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saputri, Dinda Risma Eka (2019) Implementasi metode Problem Solving dalam pengajaran Fiqih antara prestasi Kelas Unggulan dan prestasi Kelas Reguler di Kelas VIII SMP Ta'miriyah Surabaya: studi perbandingan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dinda Risma Eka Saputri_D01215009.pdf

Download (4MB)

Abstract

Metode problem solving merupakan suatu pembelajaran yang menjadikan masalah kehidupan nyata, dan masalah-masalah tersebut dijawab dengan metode ilmiah, rasional dan sistematis. Masalah tersebut berupa materi pada mata pelajaran fiqih yang membahas tentang hadiah, hibah dan sedekah. Rumusan permasalahan penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan prestasi belajar menggunakan metode problem solving pada mata pelajaran fiqih antara siswa kelas VIII unggulan dan siswa kelas VIII reguler. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat prestasi belajar menggunkan metode problem solving pada mata pelajaran fiqih siswa kelas VIII unggulan dan siswa kelas VIII reguler. Penelitian ini merupakan penelitian perbandingan. Subjek penelitian ini berjumlah 26 siswa kelas VIII unggulan dan 26 siswa kelas VIII reguler. Hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik komparasi Uji T atau t-test independent dengan menggunakan SPSS versi 16.00 for Windows dengan taraf signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 maka H0 ditolak, yang berarti Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan prestasi belajar siswa menggunakan metode problem solving pada mata pelajaran fiqih antara kelas VIII unggulan dan kelas VIII reguler di SMP Ta’miriyah Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saputri, Dinda Risma Ekadindares35@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Pemahaman metode problem solving; kelas unggulan; kelas reguler
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Saputri Dinda Risma Eka
Date Deposited: 20 Feb 2019 08:36
Last Modified: 20 Feb 2019 08:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30629

Actions (login required)

View Item View Item