Tinjauan hukum Islam terhadap praktik akad sewa menyewa kandang Ayam Potong di Desa Lawak Ngimbang Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Avisha, Lady (2019) Tinjauan hukum Islam terhadap praktik akad sewa menyewa kandang Ayam Potong di Desa Lawak Ngimbang Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lady Avisha_C92215115.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul tinjauan hukum Islam terhadap praktik akad sewa menyewa kandang ayam potong di Desa Lawak Ngimbang Lamongan, merupakan hasil penelitian lapangan untuk menjawab pertanyaan dari rumusan masalah bagaimana praktik akad sewa menyewa kandang ayam potong di Desa Lawak Ngimbang Lamongan dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik akad sewa menyewa kandang ayam potong di Desa Lawak Ngimbang Lamongan.Data penelitian dihimpun melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data dikumpulkan, data diolah dengan tahapan editing, organizing dan analyzing. Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan teknik deskriptif analitis, yakni mengolahnya menjadi sebuah susunan deskriptif dengan menggunakan pola pikir induktif atau cara berfikir yang mengambil dari pernyataan yang bersifat khusus lalu ditarik kesimpulan yang bersifat umum. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pertama, praktik akad sewa menyewa kandang ayam potong di Desa Lawak Ngimbang Lamongan terjadi tanpa menyebutkan secara jelas terkait jangka waktu sewa menyewanya dan ujrah dari akad sewa menyewa kandang ayam potong ini tidak disebutkan secara jelas pula berapa jumlahnya. Dalam akad sewa menyewa kandang ayam potong hanya disebutkan bahwa akad sewa menyewa akan dianggap selesai dan kandang ayam potong akan dikembalikan kepada mu'jir apabila jumlah pendapatan hasil panen yang diperoleh musta'jir sudah sama dengan jumlah hutang mu'jir kepada musta'jir. Dan ujrah hanya disebutkan berupa pendapatan panen ayam potong yang telah dikurangi dengan semua biaya operasional ternak setiap periodenya. Kedua, dalam hukum Islam praktik akad sewa menyewa kandang ayam potong yang dijalankan oleh pemberi sewa dan penyewa sudah memenuhi rukun akad ijarah, akan tetapi ada beberapa syarat sahnya yang tidak terpenuhi. oleh karena itu, praktik akad sewa menyewa kandang ayam potong di Desa Lawak Ngimbang Lamongan tidak sah karena syarat sahnya tidak terpenuhi secara sempurna.Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka pihak yang berkaitan dengan masalah akad sewa menyewa kandang ayam potong disarankan; pertama, bagi pemberi sewa supaya lebih berhati-hati dan memperhatikan kesempurnaan rukun dan syarat-syarat sahnya akad ijarah agar tidak ada peluang untuk berbuat curang yang dilakukan oleh penyewa. Kedua, bagi penyewa supaya lebih amanah dan transparansi dalam menjalankan akad sewa menyewa yang telah disepakati bersama agar tidak merugikan pemberi sewa. Dan juga, sebaiknya ada pihak penengah untuk menyelesaikan ketidakjelasan akad sewa menyewa kandang ayam potong ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Avisha, Ladyladyavisha22@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Ijarah
Sewa
Keywords: Akad; sewa menyewa; kandang; Ayam Potong
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Avisha Lady
Date Deposited: 21 Feb 2019 06:48
Last Modified: 21 Feb 2019 06:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30646

Actions (login required)

View Item View Item