Analisa Perubahan Pola Arus Akibat Adanya Giant Sea Wall dan Hubungannya Terhadap Kelimpahan Fitoplankton di Teluk Jakarta

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufid, Muhammad (2019) Analisa Perubahan Pola Arus Akibat Adanya Giant Sea Wall dan Hubungannya Terhadap Kelimpahan Fitoplankton di Teluk Jakarta. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Muhammad Mufid_H74214015.pdf

Download (4MB)

Abstract

Adanya giant sea wall dimungkinkan mengakibatkan terjadinya perubahan kondisi lingkungan di perairan Teluk Jakarta. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui perubahan pola arus dengan adanya giant sea wall di Teluk Jakarta dan analisa uji korelasi antara pola arus dengan kelimpahan fitoplankton di Teluk Jakarta. Metode yang digunakan adalah pemodelan menggunakan model hidrodinamika menggunakan perangkat lunak Mike 21 untuk mengetahui pola arus pada kondisi eksisting dan sesudah adanya giant sea wall. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah peta batimetri, pasang, arus, angin, debit sungai. Kecepatan arus pemodelan yang telah divalidasi didapatkan nilai RMSE (root mean square error) sebesar 0,002. Kecepatan arus pada musim barat setelah adanya giant sea wall mengalami penurunan dari 0,04-0,07 m/s menjadi 0,01-0,04 m/s. Selanjutnya kecepatan arus pada musim timur mengalami penurunan arus dari 0,01-0,04 m/s menjadi dibawah 0,01 m/s. Kelimpahan fitoplankton termasuk kedalam kategori perairan eutrofik, perairan yang memiliki kesuburan tinggi dengan kelimpahan diatas 15.000 individu/ml. Uji korelasi mendapatkan nilai sebesar 0,236 dan p-value sebesar 0,484. Nilai tersebut menunjukkan pola arus berkorelasi negatif lemah terhadap kelimpahan fitoplankton dan tidak menunjukkan signifikansi. Tidak adanya signifikansi disebabkan kecepatan arus yang berada pada kategori sedang dan tingginya konsentrasi nitrat dan fosfat di perairan yang melebihi batas optimal pertumbuhan dari fitoplankton di Teluk Jakarta.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufid, Muhammadmuhammadmufid10@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Kelautan
Keywords: Giant sea wall; pemodelan; pola arus; fitoplankton
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Mufid Muhammad
Date Deposited: 21 Feb 2019 07:04
Last Modified: 21 Feb 2019 07:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30653

Actions (login required)

View Item View Item