Dinamika psikologis korban Fake Account Social Media

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firmansyah, Firmansyah (2019) Dinamika psikologis korban Fake Account Social Media. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Firmansyah_B77212105.pdf

Download (5MB)

Abstract

Media sosial merupakan sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran dinamika psikologis korban fake account social media dan mengetahui dampak dinamika psikologis korban fake account social media. Subyek dalam penelitian ini terdiri dari empat orang, tiga perempuan dan seorang laki-laki yang menjadi korban dari fake account social media. Untuk data pendukung peneliti mengabil empat significant other sebanak empat orang, tiga orang perempuan dan seorang laki-laki. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Fokus dalam penelitian ini adalah pengaruh dinamika psikologiss korban fake account social media. Penelitian kualitatif dipilih karena fenomena yang diamati memerlukan pengamatan secara terbuka, lebih dekat dengan realita, kedekatan emosional antar peneliti dan responden sehingga didapatkan data yang lebih mendalam, dan bukan sekedar angka saja. Hasil dari penelitian ini yaitu dinamika psikologiss korban fake account social media adalah sebuah akun yang dibuat oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan identitas orang lain yang bahkan pembuat akun tersebut tidak mengenalnya untuk melakukan penipuan dan mendapatkan keuntungan tersendiri dari korbannya, baik itu untuk kesenangan dan kepuasan saja bahkan untuk mencari pendapatan atau keuntungan finansial dari korbannya.Dampak yang ditimbulkan juga cukup beragam, dari yang ringan hingga yang berat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firmansyah, FirmansyahTjaturfirmansyah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi
Keywords: Dinamika psikologis; Fake Account; Social Media
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Firmansyah Firmansyah
Date Deposited: 22 Feb 2019 07:17
Last Modified: 22 Feb 2019 07:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30655

Actions (login required)

View Item View Item