Problematika motivasi belajar pendidikan agama islam pelajar muallaf dan pelajar islam berkeluarga non muslim: studi multi kasus di SMAN 16 dan SMAN 17 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ghufron, Muhammad Zaqqi (2019) Problematika motivasi belajar pendidikan agama islam pelajar muallaf dan pelajar islam berkeluarga non muslim: studi multi kasus di SMAN 16 dan SMAN 17 Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Zaqqi Ghufron_F12316245.pdf

Download (4MB)

Abstract

Motivasi bagi peserta didik merupakan bgian terpenting guna mencapai tujuan belajar yang diharapkan. Motivasi memberi andil bagi individu dalam perkembangan pembelajaran yang dialaminya. Dalam pembelajaran PAI banyak sekali ditemukan problematika motivasi belajar PAI bagi pelajar muallaf dan pelajar islam berkeluarga non muslim, problem tersebut bisa disebabkan dari aspek psikologis (rasa takut, malu dan mudah lupa) bisa aspek motivasi (ekstrinsik dan intrinsic), aspek pemahaman materi, serta aspek metode pembelajaran. Dalam mengembangkan penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif (studi kasus). Penelitian ini memerlukan pengamatan yang mendalam dalam situasi yang wajar (natural setting) yang dikenal dengan pendekatan kualitatif yang betujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis fonomena, peristiwa, aktifitas sosial, sikap, persepsi, pemikiran orang secara individual, data yang dihasilkan tersebut berupa data deskriptif analitik yang berupa kata-kata tertulis atau ucapan dari orang-orang dan perilaku yang diamati kemudian di bahasakan ulang oleh peneliti. Penelitian ini terbagi menjadi dua poin penting, yakni: Pertama,problematika motivasi belajar PAI bagi pelajar muallaf di SMAN 16 dan 17 Surabaya: aspek psikologis, aspek motivasi, aspek pemahaman materi PAI serta aspek metode pembelajaran PAI. Semua problem yang dialami muallaf dapat diminimalisir oleh guru PAI dalam pelaksanaanya dengan menerapkan beberapa metode seperti diskusi, mind mapping, dan kepemimpinan ketika pembelajaran PAI berlangsung. Kedua: problematika motivasi belajar PAI bagi pelajar islam berkeluarga non muslim di SMAN 16 dan 17 Surabaya. Berapa problem yang dialami mereka seperti: Aspek psikologis (rasa malu dan lupa) Aspek motivasi (ekstrinsik dan intrinsic).Dua problem yang dialami pelajar islam berkeluarga non muslim mampu diminimalisir dengan baik oleh guru PAI dengan menerapkan pembelajaran yang efektif serta komunikasi yang interkatif dengan pelajar islam berkeluarga non muslim dan penerapan pembelajaran kepemimpinan dan menumbuhkan keberanian pada diri mereka di dalam kelas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ghufron, Muhammad Zaqqimzaqqighufron@gmail.comFI2316245
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifuddin, Mokhammadmsyaifudin@gmail.com2013107303
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan Islam
Keywords: Motivasi belajar; muallaf; pelajar islam berkeluarga non muslim
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ghufron Muhammad Zaqqi
Date Deposited: 22 Feb 2019 02:15
Last Modified: 23 Aug 2023 07:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30661

Actions (login required)

View Item View Item