تطوير الكتاب العربية بين يديك مستوعبا البيئة المحلية (البحث والتطوير مع التطبيق على طالبات الفصل الحادى عشر بمدرسة معارف الثانوية بنكلان)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hotijah, Hotijah (2019) تطوير الكتاب العربية بين يديك مستوعبا البيئة المحلية (البحث والتطوير مع التطبيق على طالبات الفصل الحادى عشر بمدرسة معارف الثانوية بنكلان). Masters thesis, Universitas Islam Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hotijah_F12616307.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengembangan dari buku pembelajaran bahasa arab baina yadaik yang berbasis lingkungan sekitar. (2) untuk mengetahui pelaksanaan pengembangan buku pembelajaran baina yadaik yang berbasis lingkungan sekitar. (3) Untuk mengetahui sejauh mana tingkat keefektifan penggunaan buku pembelajaran bahasa arab baina yadaik yang berbasis lingkungan sekitar. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian tesis ini adalah Research and Development (R&D), adapun pendekatan yang digunakan peneliti dalam penelitiannya adalah pendekatan secara kualitatif dan kuantitatif. Adapun rumus yang digunakan peneliti dalam menganalisis data adalah rumus tes-t. Hasil penelitian ini: (1) Buku pembelajaran telah selesai dikembangkan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa pada mahasiswa kelas sebelas sma ma”arif bangkalan. Keistimewaan dari buku pembelajaran ini adalah bahwa buku ini difokuskan untuk keterampilan berbahasa, baik dari sisi teks maupun latihan-latihannya. Kemudian, seluruh teks bacaan yang ada didalamnya menceritakan tentang beberapa lingkungan sekitar yang ada di bangkalan, tentunya dengan memperhatikan tingkat kemampuan siswa. Selain itu buku ini juga dilengkapi dengan kaidah-kaidah nahwu yang diambil dari panduan kurikulum yang di pakai dengan tambahan latihan-latihan yang sangat sederhana. (2) Penggunaan buku pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti efektif dalam meningkatkan keterampilan berbahasa mahasiswi kelas sebelas sma ma’arif bangkalan. Hal ini didasarkan pada hasil tes yang mana terdapat peningkatan dari 71,76% pada nilai pretest dan 80,21% pada nilai posttest, dan pada hasil t-test yang mana t-hasil perhitungan 5 % yaitu 8,04% lebih besar dari t-jadwal 5 % yaitu 2,042%, dan hasil ini dikuatkan dengan hasil angket dan wawancara.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hotijah, Hotijahhhotijah80@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Buku > Buku Pelajaran
Keywords: Buku Pembelajaran bahasa arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Hotijah Hotijah
Date Deposited: 22 Apr 2019 03:27
Last Modified: 22 Apr 2019 03:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30685

Actions (login required)

View Item View Item