Arkeologi Tasawuf: melacak jejak pemikiran Tasawuf Al Muhasibi hingga Tasawuf Nusantara

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Riyadi, Abdul Kadir (2016) Arkeologi Tasawuf: melacak jejak pemikiran Tasawuf Al Muhasibi hingga Tasawuf Nusantara. PT Mizan Pustaka, Bandung. ISBN 978-979-433-960-2

[img] Text
Abdul Kadir Riyadi_Arkeologi Tasawuf.pdf

Download (33MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30693

Abstract

Walau sudah dikaji selama seribu tahun lebih, tasawuf tetap saja menyimpan banyak aspek yang mengundang tanya dan memantik rasa penasaran bagi orang yang mengkajinya. Baik dari segi materi, metode, maupun tokohnya, tasawuf adalah bidang ilmu yang menawan untuk digali apalagi di tcngah kekeringan spiritual yang melanda sebagian besar manusia di era modern ini. Tasawuf memiliki dua keunggulan sekaligus, yaitu keunggulan sebagai ilmu dan spiritualitas. Sebagai ilmu, ia dapat berbicara kepada kaum cerdik cendikia dan menjawab dahaga intelektual yang mereka rasakan. Sedangkan sebagai spiritualitas, ia dapat mengisi ruang kosong yang kini dialami oleh mayoritas manusia modern, yang oleh Scyyed Hossein Nasr digambarkan sedang berada pada "titik nestapa" akibat pola piki r dan cara hidup yang materialistik dan mekanistik. Dengan alasan ini, tidak sedikit orang yang kemudian mendarat di tasawuf dan mengharap menemukan kedamaian batin di dalamnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Book
Creators:
CreatorsEmailNIM
Riyadi, Abdul Kadirriyadi.abdulkadir@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Arkeologi
Tasawuf
Keywords: Arkeologi Tasawuf; Tasawuf Al Muhasibi; Tasawuf Nusantara
Divisions: Karya Ilmiah > Buku
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 Feb 2019 03:42
Last Modified: 25 Feb 2019 03:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30693

Actions (login required)

View Item View Item