Komparasi Perang Profil Tiga Kandidat Presiden pada Pemilu 2009: analisis Wacana pada Harian Kompas edisi 29, 30 Juni 2009 & 1 Juli 2009

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Huda, Sholihul (2010) Komparasi Perang Profil Tiga Kandidat Presiden pada Pemilu 2009: analisis Wacana pada Harian Kompas edisi 29, 30 Juni 2009 & 1 Juli 2009. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sholihul Huda_B06206071.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30707

Abstract

Berawal dari perjalanan demokrasi yang dapat bermakna dengan diselenggarakannya pemilihan presiden, sebagai representasi dari amanat demokrasi dengan menjunjung tinggi kebebasan. Pemilihan presiden oleh harian Kompas dijadikan lahan dalam memperkaya citra dalam pemberitaan, sehingga Kompas mampu menghadirkan profil kandidat presiden sebagai sarana menyebarkan ideologinya. Skripsi ini membahas tentang peran Kompas dalam meramaikan demokratisasi di Indonesia. Kompas temyata bukan sekedar memberitakan (merepresentasikan) peristiwa dan para elit politik dalam pemilihan presiden saja. Ada kecenderungan Kompas melakukan konstruksi realitas atas peristiwa dan kandidat presiden yang terlibat dalam sebuah pemilihan presiden. Secara kualitatif, proses konstruksi realitas politik ini mempengaruhi citra dan opini publ!k khususnya di kalangan calon pemilih. Selanjutnya, proses ini dapat mempengaruhi jumlah pemilih pada saat pemungutan suara berlangsung. Tetapi, dalam penelitian ini, akan lebih diarahkan kepada pemahaman tentang struktur wacana yang sudah terkontaminasi dengan pandangan-pandangan subyektif seorang wartawan. Penelitian ini mengambil obyek pada media cetak Harian Kompas terkait dengan peristiwa pemilihan presiden 2009, yang memberitakan tentang profil tiga kandidat presiden pada rubrik kandidat halaman 33-42 edisi 29, 30 Juni 2009 clan 1 Juli 2009. Metode yang digunakan adalah analisis wacana dengan model Teun A Van Dijk Penelitian ini mencoba untuk mengungkap makna dibalik tabir teks yang dikonstruksi oleh Harian Kompas. Menguraikan secara jelas tentang struktur makro, superstruktur, clan struktur mikro, dan juga perbandingan penyajian dari ketiga pemberitaan profil kandidat presiden. Kandidat presiden yang akan bertarung pada pemilihan presiden pada tanggal 8 Juli 2009 adalah Megawati Soekarnoputri, Susilo Bambang Yodhoyono, dan Moh. Jusuf Kalla. Dari hasil deskripsi, diketahui banyak temuan yang menyatakan bahwa, keberpihakan Kompas dalam memberitakan profil SBY sangat kelihataIL Tulisan mengarah kepada penjatuhan citra kandidat presiden Megawati, melalui track record yang negatif. Begitu pula dengan kandidat presiden JK yang mempunyai julukan the real president, tidak mampu mengalahkan kehebatan SBY. Wartawan tidak sedikitpun membandingkan kepintaran JK dalam memimpin dengan kandidat SBY.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Huda, Sholihul--UNSPECIFIED
Subjects: Politik
Pemilihan Umum
Keywords: Komparasi Perang Profil; Tiga Kandidat Presiden; Pemilu 2009
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Feb 2019 03:20
Last Modified: 26 Feb 2019 03:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30707

Actions (login required)

View Item View Item