Dinamika Tafsir Muhammadiyah ; studi relevansi antara At-Tanwir dengan Keputusan Tarjih

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rhain, Ainur (2019) Dinamika Tafsir Muhammadiyah ; studi relevansi antara At-Tanwir dengan Keputusan Tarjih. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ainur Rhain_F03216043.pdf

Download (18MB)

Abstract

Tafsir at-Tanwir adalah tafsir resmi kelembagaan yang ditulis oleh Organisasi Muhammadiyah. Tafsir ini ditulis tahun 20016 oleh Majelis Tarjih, yaitu salah satu majlis yang menangani masalah hukum kegamaan di Muhammadiyah. Sebagai tafsir resmi kelembagaan, at-Tanwir harus selaras dengan keputusan tarjih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dinamika dan pembaruan at-Tanwir yang meliputi metode dan corak penafsiran. Penelitian ini juga berusaha untuk melihat relevansi antara Tafsir at-Tanwir dengan keputusan tarjih Muhammadiyah. Jenis penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian kepustakaan (library research), dengan merujuk pada sumber-sumber literatur yang berkaitan dengan pokok bahasan,seperti buku, jurnal dan majalah yang dipublikasikan oleh Majelis Tarjih. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan metode induktif.Penelitian ini menemukan bahwa Tafsir at-Tanwir menggunakan metode tafsir bi al-ra’yi dan tahlily dengan corak adabi ijtima’i. Tafsir at-Tanwir hadir dengan pembaharuan dalam konsep yang belum ditemukan sebelumnya. Tafsir ini sedikit menggunakan hadis sebagai bahan referensi. Secara umum Tafsir at-Tanwir relevan dengan manhaj tarjih dan keputusan tarjih Muhammadiyah, akan tetapi ada tiga poin kritik yang tidak relevan dengan keputusan tarjih yaitu: 1. Jannah tempat Nabi Adam di langit apa bumi, 2. Manusia pertama, 3. Adanya Nabi sebelum Nabi Adam. Dalam hal ini posisi mejelis tarjih adalah tradisionalis sedangkan at-Tanwir basisnya adalah penemuan ilmiah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rhain, Ainurarhaien@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Al Qur'an
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Tafsir at-Tanwir; Relevansi; Manhaj Tarjih
Divisions: Program Doktor > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Rhain Ainur
Date Deposited: 26 Feb 2019 08:07
Last Modified: 26 Feb 2019 08:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30713

Actions (login required)

View Item View Item