Studi analisis terhadap penetapan majelis hakim tentang pembagian harta waris dalam kawin beda agama di pengadilan agama Bontang Kalimantan Timur (Penetapan No: 15/Pdt.P/2010/Pa.Btg)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufidah, Septianing (2011) Studi analisis terhadap penetapan majelis hakim tentang pembagian harta waris dalam kawin beda agama di pengadilan agama Bontang Kalimantan Timur (Penetapan No: 15/Pdt.P/2010/Pa.Btg). Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Septianing Mufidah_C01207005.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30720

Abstract

Skripsi ini adalah basil penelitian lapangan untuk menjawab tiga hal pokok permasalahan yang diteliti yaitu : Pertama, Bagaimana penetapan majlis hakim terhadap pembagian harta waris dalam kawin campur di Pengadilan Agama Bontang Kalimantan Timur? Kedua, Apa dasar hukum pertimbangan rnajlis hakim terhadap pembagian harts waris dalam kawin campur di Pengadilan Agama Bontang Kalimantan Timur? Ketiga, bagaimana analisis hukum Islam terhadap penetapan hakim PA Bontang tentang pembagian harta waris dalam kawin campur di Pengadilan Agama Bontang Kalimantan Timur? Berkaitan hal tersebut, peneliti dalam penelitian ini mengumpulkan data selama penelitian digunakan metode wawancara dan dokumentasi atau buku yang berkenaan dengan masalah tersebut ditempat penelitian. Dalam penelitian ini bersifat kualitatif, menggunakan teknik deskriptif analisis dengan metode dedutif yang menjelaskan tentang dasar-dasar hukum dan aturan-aturan tentang pembagian harta waris dalam kawin beda agama, kemudian mengemukakan kenyataan yang ada di Pengadilan Agama. Dari basil penelitian ini dapat diketahui penetapan dan dasar hukum pertimbangan majlis hakim dalam perkara pembagian harta waris kawin campur di Pengadilan Agama Bontang Kalimantan Timur yang menggunakan metode istihsan dengan mendasar kepada kemaslahatan ummat dan demi menjaga kelima dasar syar'i yaitu : menjaga agama, jiwa, akal, keturunan dan harta. Serta penganalisisan menurut hukmn Islam mengenai penetapan pembagian harta waris kawin campur di Pengadilan Agama Bontang Kalimantan Timur. Saran bagi para praktisi hukum khususnya para hakim dalam memberikan keputusannya harus mempunyai dasar hukwn yang kuat, meskipun demikian terutama dalam memutuskan perkara itu hakim harus benar-benar mendasar pada al-Qur'an dan Hadits, sehingga haruslah benar­ benar dalam mempertimbangkan kemaslahatan. Dan bagi masyarakat untuk memberikan harta warisnya kepada siapa yang berhak menerimanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufidah, SeptianingUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam > Perkawinan
Hukum Islam > Waris
Keywords: Waris; Pernikahan Beda Agama; Pengadilan Agama Bontang
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Feb 2019 03:06
Last Modified: 27 Feb 2019 03:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30720

Actions (login required)

View Item View Item