Konsep dan Gerakan Pluralisme di Jam'iah Maiyah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jamaluddin, Jamaluddin (2019) Konsep dan Gerakan Pluralisme di Jam'iah Maiyah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Djamaluddin_E02213023.pdf

Download (8MB)

Abstract

Pluralisme merupakan Sunnahtullah yang pasti yang dimiliki oleh Allah untuk kita jaga, rawat, dengan cara kita saling menghormati, hargai, toleri, dengan adanya kesadaran dan tanpa ada paksaan. Sesuai dalam bunyi kitabnya “Lii Ta’arafu Inna Akromakum Indha Allahi At-Qoqum”. Dengan adanya perbedaan membuat kita lebih saling mengenal antara satu identitas, ras, suku, dan budaya lainnya. Antara Islam dengan Kristen, antara Islam dengan Hindu, antara Islam dengan Budha dll. Ada bentuk-bentuk kegiatan atau Implementasi di dalam Maiyah Bangbang Wetan diantaranya Forum Jumat Rono-rene (FJR), malam dua belas atau biasa disebut malam rolasan, dimana di malam rolasan tersebut meliputi membaca Sholawatan dan disertai diskusi tentang Siroh Nabawiyah, Wiridan. Serta adanya kegiatan bulanan yakni BMJ (Buletin Maiyah Jawa timur), kolaborasi Music KiaiKanjeng dengan Gereja Isa al-Masih. Maiyah merupakan suatu wadah kebersamaan atau suatu kumpulan dimana pada acara tersebut kita bersama-sama saling mentadabburi, saling bertukar fikiran, bersinergi satu sama lain tanpa mengedepankan kebenarannya sendiri atau egonya sendiri. Tujuan penelitian ini adalah pertama untuk mendiskripsikan bahwa pluralisme bukan di ruang akademis aja melainkan di Bangbang Wetan juga ada. Kedua, mediskripsikan bahwa di Maiy’ah Bangbang Wetan juga terdapat implementasi pluralisme.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jamaluddin, Jamaluddinmjamaluddinsirri@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pluralisme
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Hak Asasi Manusia
Keywords: Pluralisme; Implementasi; Maiyah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Djamaluddin Djamaluddin
Date Deposited: 27 Feb 2019 06:39
Last Modified: 27 Feb 2019 06:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30727

Actions (login required)

View Item View Item