Komunikasi organisasi dalam sistem rekturmen dosen, karyawan dan mahasiswa: studi pada STKIP Dr. Nugroho Magetan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saktiana, Adian (2011) Komunikasi organisasi dalam sistem rekturmen dosen, karyawan dan mahasiswa: studi pada STKIP Dr. Nugroho Magetan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adian Saktiana_B06207056.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30754

Abstract

Ada satu persoalan yang hendak dikaji dalam skripsi ini, yaitu: (1) Bagaimana proses dan model komunikasi organisasi Ketua dengan Tim, Dosen, Karyawan dan Mahasiswa dalam sistem rekrutmen di STKIP Doktor Nugroho Magetan, sehingga dengan sebuah proses yang dikaji secara mendalam akan mendapatakan beberapa temuan baru yang ada di STKIP Dr.Nugroho Magetan. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakanlah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang bertujuan untuk mengetahui secara mendalam bagaimana proses dan model komunikasi organisasi dalam rekrutmennya serta bagaimana gaya kepemimpinan yang ada. Sedangkan untuk pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, pengamatan berperan, dokumentasi serta dengan terlibat langsung dalam proses rekrutmen dosen, karyawan dan mahasiswa. Untuk memperkaya analisis dan iterpretasi data, penelitian ini didukung dengan kajian-kajian tentang komunikasi dalam dunia pendidikan, organisasi pendidikan, dan beberapa teori pendukung yaitu teori birokrasi organisasi dan teori jaringan. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) Komunikasi organisasi yang diterapkan sepenuhnya di STKIP Dr.Nugroho Magetan adalah Komunikasi keluarga karena hampir 80% jumlah dosen, karyawan dan mahasiswa S2 angkatan pertama adalah bagian dari keluarga besar Ketua STKIP Dr. Nugroho yaitu Dr. Marsini, M.Pd., S.Pd, (2) Proses rekrutmen dosen dan karyawan menekankan pada aspek loyalitas (3) Proses rekrutmen dosen dan karyawan menggunakan cara pembekalan (4) Sistem rekrutmen mahaiswa melalui Kepala Dinas, Dewan dan cabang-cabang UPTD Magetan dengan cara face to face (5) Gaya kepemimpinan otoriter yang mengikat, dimana kepemimpinan otoriter merupakan sebuah karakter STKIP Dr.Nugroho Magetan karena mempunyai hak kebijakan tunggal yaitu Dr.Marsini, S.Pd, M.Pd namun tetap menggunakan strategi dan proses komunikasi yang baik. Beberapa saran yang diperkirakan dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi peningkatan proses rekrutmen dosen, karyawan dan mahasiswa di STKIP Dr.Nugroho Magetan adalah dengan adanya metode yang diterapkan sebagai Perguruan tinggi baru harus mempertimbangkan dampak sehingga tidak hanya menekankan pada prosesnya saja namun pada hasilnya juga perlu dipertimbangkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saktiana, Adian--UNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi
Keywords: Komunikasi organisasi; sistem rekturmen; dosen; karyawan; mahasiswa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 08 Mar 2019 01:58
Last Modified: 08 Mar 2019 01:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30754

Actions (login required)

View Item View Item