Parental Involvement dalam proses belajar anak Tunagrahita

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhini, Fristy Septiani (2011) Parental Involvement dalam proses belajar anak Tunagrahita. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fristy Septiani Ramadhini_B07207082.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30773

Abstract

Fokus penelitian ini adalah bagaimana metode belajar anak tunagrahita dan bagaimana bentuk-bentuk keterlibatan orang tua dalam proses belajar anak tunagrahita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih mendalam metode belajar anak tunagrahita dan bentuk-bentuk keterlibatan orang tua dalam proses belajar anak tunagrahita. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori mengenai bentuk­ bentuk keterlibatan orang tua, teori belajar dan prestasi belajar, gaya belajar serta teori mengenai usia sekolah. Dan tentunya tidak terlepas dari teori tunagrahita. Anak tunagrahita disini adalah anak yang mengalami gangguan dalam perkembangan daya pikir serta seluruh kepribadiannya sehingga mereka tidak mampu hidup dengan kekuatan sendiri didalam masyarakat meskipun dengan cara hidup yang sederhana. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualtatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Metode yang dipakai untuk memperoleh data adalah dengan wawancara yang mendalam, observasi dan dokumentasi (tulisan yang dihasilkan dari anak tunagrahita). Subyek dalam penelitian ini adalah orang tua serta anaknya yang memiliki gangguan mental (tunagrahita), penelitian ini dilakukan di Surabaya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data reduction, data dispalay, dan conclusion drawing/verification. Dari hasil penelitian ini bahwa metode belajar yang digunakan subyek adalah dengan menggunakan metode visual meskipun dia hanya bisa meniru tulisan yang ada tanpa bisa menjawab pertanyaan karena subyek tidak dapat membaca. Dan tidak adanya keterlibatan orang tua dalam proses belajar anaknya yang memiliki keterbelakangan mental (tunagrahita).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhini, Fristy Septiani--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Parental Involvement; Anak Tunagrahita
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Mar 2019 03:53
Last Modified: 12 Mar 2019 03:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30773

Actions (login required)

View Item View Item