أسلوب البيان في القصيدة "سلام عليكم" لأنيس شوشان

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhammad, Robeth (2019) أسلوب البيان في القصيدة "سلام عليكم" لأنيس شوشان. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Robeth Muhammad_A01213088.pdf

Download (1MB)

Abstract

Qasidah merupakan salah satu bentuk karya seni arab yang banyak pada masa kini, lebih mudah untuk dinikmati oleh para penikmat sastra, karena bentuk dan susunan qosidah itu runtut dan tidak terlalu rumit, sehingga selain para penikmat karya sastra ini menikmati juga bisa menjadi pencipta karya sastra ini. Anis Chouchane sastrawan berkulit hitam yang terkenal di tunisa, banyak sekali karya- karya yang diciptakannya menginspirasi para pendengarnya. Salamun alaikum (kedamaian) adalah salah satu karya sastra qosidah karya Anis Chouchane, yang menceritakan tentang diskriminasi perbedaan-perbedaan yang terjadi di masyarakat, dan mengharapkan untuk para pendengar karya ini bisa bersatu meskipun berbeda. Qosidah ini juga telah diterjemahkan atau dialih bahasakan oleh sastrawan terkenal di indonesia Kh. Musthofa Bisri. Fokus kajian dalam penelitian ini pada ungkapan ungkapan yang mengandung unsur bayan, sehingga dalam pembahasan skripsi ini penulis membahas tentang: Bagaimana macam-macam bentuk gaya bahasa tasybih yang terdapat dalam dalam Qosidah Salamun Alaikum Karya Anis Chouchane? Bagaimana macam-macam bentuk gaya bahasa isti’arah yang terdapat dalam dalam Qosidah Salamun Alaikum Karya Anis Chouchane? Bagaimana macam-macam bentuk gaya bahasa kinayah yang terdapat dalam dalam Qosidah Salamun Alaikum Karya Anis Chouchane? Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode diskriptif kualitatif (untuk memberikan gambaran dan penjelasan tentang penelitian ini) serta metode analisis (sebagai alat untuk mengkaji lebih dalam pada penelitian ini). Metode diskriptif kualitatif ini menggunakan pengumpulan data dengan menggunakan kajian pustaka dengan berupa kata dan bukan dari angka. Metode analisis yang digunakan analisis balaghah yaitu: 1. Membaca syair demi syair. 2. Mengelompokkan syiir-syiir yang mengandung Bayan.3. Menganalisis syair-syair yang terdapat Bayan di dalam Qosidah Salamun Alaikum Karya Anis Chouchane. Setelah penulis teliti, terdapat tiga macam gaya bahasa (Al-uslub Bayan) pada Qosidah Salamun Alaikum Karya Anis Chouchane yaitu Tasybih, Isti’aroh dan Kinayah. Tasybih ialah gaya bahasa perumpamaan atau penyerupaan penjelasan bahwa satu hal atau beberapa hal memiliki kesamaan sifat dengan hal yang lain, Isti’aroh ialah suatu gaya bahasa yang sama halnya seperti Tasbih namun hanya saja salah satu dari unsur tasbih di hilangkan yaitu yang diserupakan (musyabbah) dan yang diserupai (musyabbah bih), sedangkan Kinayah ialah gaya bahasa yang di ungkapkan secara tidak langsung.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhammad, Robethmuhammadrobert313@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sastra
Keywords: Kajian stilistika uslub bayan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: S.hum Muhammad Robeth
Date Deposited: 26 Mar 2019 08:14
Last Modified: 26 Mar 2019 08:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30790

Actions (login required)

View Item View Item