Analisis Hukum Islam terhadap pembiayaan Musyarakah di KSU Syariah BMT An Nur Mojosari Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Leni Novita (2011) Analisis Hukum Islam terhadap pembiayaan Musyarakah di KSU Syariah BMT An Nur Mojosari Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Leni Novita Sari_C02207167.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30833

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan. Penelitian ini diilakukan unt uk menjawab pertanyaan: Bagaimana praktik pembiayaan musyarakah di KSU Syariah BMT An-Nur Mojosari Kabupaten Mojokerto dan Bagaiamana analisis hukum Islam terhadap praktik pembiayaan musyarakah di KSU Syariah BMT An-Nur Mojosari Kabupaten Mojokerto. Dalam penelitian ini tehnik yang digunakan adalah deskriptif analisis yakni memaparkan data-data yang ada kemudian dianalisis dengan menggunakan pola pkir induktif, yait u mengoreksi data-data yang bersifat khusus kemudian ditarik pada kesimpulan yang bersifat umum. Hasil penelitian yang ditemukan adalah bahwa: praktik pembiayaan musyarakah di KSU Syariah BMT An-Nur Mojosari Kabupaten Mojokerto, modal yang disetorkan hanya. dari BMT sedangkan nasabah tidak dan margin keuntngan sudah ditetapkan sebesar 2% unt uk BMT dari jumlah pembiayaan yang diberikan kepada nasabah serta ditetapkannya adanya denda. Jika di analisis dari segi prakt iknya, produk pembiayaan musyarakah ini tidak tennasuk dari jenis-jenis syirkah yang sudah dijelaskan. Dengan demikian basil penelitian ini menyimpulkan bahwa praktik pcmbiayaan musyarakah bukanlah seperti yang telah dikonsepkan dalam Islam, melainkan praktik utang piutan gyang dalam pengembliannya terdapat kelebihan yang sudah diyaratkan sebesar 2%. Didalam Islam, hal semacam ini tidak diperbolehkan karena terdapat unsur penambahan dalam pengembaliannya. Sejalan dengan kesimpulan diatas, maka disarankan kepada pendiri dan pengelola KSU Syariah BMT An-Nur Mojosari Kabupaten Mojokerto unt uk menerapkan musyarakah sepert i yang telah terkonsep dalam hukum Islam dan BMT juga harus memberikan infonnasi yang benar kepada nasabah mengenai produk­ prod uk pcmbiayaan yang ditawarkannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Leni Novita--UNSPECIFIED
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Keywords: Pembiayaan Musyarakah; Perbankan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Mar 2019 08:23
Last Modified: 29 Mar 2019 08:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30833

Actions (login required)

View Item View Item