Tinjauan Hukum Islam terhadap Lelang Voucher via SMS di JTV

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Siti (2011) Tinjauan Hukum Islam terhadap Lelang Voucher via SMS di JTV. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Rohmah_C02205092.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30850

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan untuk menjawab rumusan masalah: Pertama, bagaimanakah praktek lelang via SMS di JTV Surabaya? Kedua, bagaimanakah tinjauan Hukum Islam terhadap lelang voucher via SMS di JTV Surabaya? Adapun jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dimana data yang dikumpulkan diperoleh melalui wawancara, dan dokumentasi. Setelah itu, data yang telah diperoleh dianalisa dengan menggunakan teknik verifikatif, yaitu untuk menguji data tentang lelang voucher via SMS di JTV Surabaya dengan Hukum Islam. Hasil penelitian ini, menyimpulkan bahwa praktek lelang via SMS di JTV Surabaya, di mana presenter yang bertugas dalam penawarannya terhadap pemirsa menyampaikan bahwa cara untuk mendaftar menjadi peserta lelang via SMS gratis tetapi dalam prakteknya tetap dikenakan biaya dua ribu rupiah setiap kali mendaftar. Maka praktek lelang via SMS tersebut, tidak sesuai dengan ketentuan syarat sahnya jual beli lelang dalam Hukum Islam dan Undang-undang perlindungan konsumen. Sebab, dalam prakteknya jual beli lelang via SMS di JTV Surabaya yang terjadi, ada unsur tipuan. Padahal, dari penjelasan fiqih, ketentuan jual beli lelang dalam Hukum Islam dilarang kalau ada unsur tipuan. Sedangkan dalam Undang-undang perlindungan konsumen praktek lelang voucher via SMS tersebut, bertentangan dengan Undang-undang perlindungan konsumen karena merugikan konsumen. Hal ini berdasarkan pasal 9 (1), yaitu pelaku usaha dilarang menawarkan, mempromosikan mengiklankan suatu barang dan/atau jasa secara tidak benar, dan/atau seolah-olah. Sejalan dengan kesimpulan diatas, maka disarankan pada stasiun Televisi JTV Surabaya untuk lebih meningkat kan pengetahuannya tentang cara-cara berjual beli yang benar menurut Hukum Islam dan Undang-undang perlindungan konsumen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Siti--UNSPECIFIED
Subjects: Dagang > Hukum, Dagang
Keywords: Lelang Voucher; SMS
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 01 Apr 2019 04:31
Last Modified: 01 Apr 2019 04:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30850

Actions (login required)

View Item View Item