Chinese ways of being good Muslim: from the Cheng Hoo Mosque to Islamic education and media literacy

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Rahmawati and Yahiji, Kasim and Mahfud, Choirul and Alfin, Jauharoti and Koiri, Much. (2018) Chinese ways of being good Muslim: from the Cheng Hoo Mosque to Islamic education and media literacy. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 8 (2). pp. 225-252. ISSN 2406-825X

[img] Text
Jauharoti Affin_Chinese ways of being good Muslim from the Cheng Hoo Mosque to Islamic education.pdf

Download (539kB)
Official URL: http://ijims.iainsalatiga.ac.id/index.php/ijims/ar...

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana cara-cara orang Tionghoa menjadi Muslim dari upaya pembangunan masjid Cheng Hoo hingga pelayanan pendidikan Islam dan literasi media. Di era disrupsi milenial seperti saat ini, peran literasi media komunikasi dalam komunitas Tionghoa Muslim di Indonesia kontemporer perlu dikaji lebih lanjut, khususnya perannya dalam mendukung menjadi muslim Tionghoa yang baik. Paper ini juga bertujuan untuk membahas cara Tionghoa dalam pembinaan mualaf dan Muslim Tionghoa melalui literasi media komunikasi dan teknologi informasi. Melalui metode analisis media, literasi media komunikasi merupakan bagian dari komunikasi yang berbasis pada siapa bicara apa, kapan, di mana dan melalui media apa serta apa dampaknya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi media komunikasi yang digunakan komunitas Tionghoa Muslim di Indonesia melalui penerbitan majalah Cheng Hoo, WhatsApp Forum PITI Jatim, Website dan Facebook. Semua media tersebut digunakan dan memiliki dampak signifikan bagi relasi, interaksi dan komunikasi antara komunitas Tionghoa Muslim dengan Tionghoa non-Muslim dan komunitas Tionghoa Muslim dengan non-Tionghoa Muslim di negeri ini. Lebih dari itu, cara Tionghoa menjadi Muslim yang baik juga terlihat dalam beberapa pelayanan pendidikan Islam berbasis komunitas Tionghoa di Indonesia dari Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar Islam, pengajian rutin, dan Pesantren.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Rahmawatirahmatjatjo@iaingorontalo.ac.idUNSPECIFIED
Yahiji, Kasimkasimyahiji@iaingorontalo.ac.idUNSPECIFIED
Mahfud, Choirulchoirul.mahfud@its.ac.idUNSPECIFIED
Alfin, Jauharotialfin@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Koiri, Much.muchkoiri@unesa.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Masjid
Keywords: Chinese ways of being good Muslim; Cheng Hoo Mosque to Islamic education and media literacy
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel Jurnal
Depositing User: Alfin Jauharoti Alfin
Date Deposited: 02 Apr 2019 08:05
Last Modified: 09 Apr 2019 05:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30855

Actions (login required)

View Item View Item