Kisah unik dalam Manuskrip kitab Mi'raj Nabi Tahun 1778 Masehi Koleksi Museum Mpu Tantular Sidoarjo Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lukmaningsih, Anis Fujia (2010) Kisah unik dalam Manuskrip kitab Mi'raj Nabi Tahun 1778 Masehi Koleksi Museum Mpu Tantular Sidoarjo Jawa Timur. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anis Fujia Lukmaningsih_A02205005.pdf

Download (7MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30862

Abstract

Dalam kerangka ilmiah, penulis mencoba melaukan pengkajian terhadap kisah unik dalam manuskrip kitab Mi'raj Nabi koleksi Museum Mpu Tantular. Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penulisan skipsi ini adalah: 1. Apa saja peristiwa yang unik yang terjadi pada saat Isra' Mi'raj Nabi yang tennaktub dalam manuskrib kitab Mi'rj Nabi; 2. Apa makna dari peristiwa unik yang termaktub dalam manuskrib kitab Mi'raj Nabi. Pemasalahan tersebut akan penulis kaji dengan menggunakan multi pendekatan yakni pendekatan kebudayaan, pendekatan Agama dan pendekatan filologi. Penulis juga mengkaji dengan menggunakan langkah-langkah sebagai berikut: Pengamatan dan deskripsi manuskrip, menyalin dan menerjemah, dan menganalisis teks. Dari hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa peristiwa unik dalam manuskrip kitab Mi'raj Nabi adalah sebagai berikut: a. Orang yang meminum-minum panas; b. Kepala seseorang bagai buah pinang dan cambuk besi berantai merah; c. Orang yang diburu uang sangat banyak; d. Orang yang bibir bawahnya bagai menyapu dan darahnya berceceran; e. Orang yang mukannya dibalik, mata bergeser serta dipenuhi dengan senjata dan lain-lain. Sedangkan makna dalam peristiwa unik adalah: a. Makna harta anak yatim; b. Tidak mau sholat dan makan riba, c. Tidak mau zakat fitrah; d. Mengambil pekerjaan dan serta bertengkar dengan orang lain; e. seseorang istri yang memerintah suaminy a dan lain-lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lukmaningsih, Anis Fujia--UNSPECIFIED
Subjects: Cerita dalam Al Qur'an
Cerita Nabi
Manuskrip
Keywords: Kisah unik; Manuskrip kitab Mi'raj Nabi; Koleksi Museum Mpu Tantular
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Apr 2019 03:58
Last Modified: 02 Apr 2019 03:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30862

Actions (login required)

View Item View Item