Pondok Pesantren Gading Mangu, Perak Jombang 1952- 2009: studi historis tentang perkembangan dan pengaruhnya dalam masyarakat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurniawati, Gadis (2010) Pondok Pesantren Gading Mangu, Perak Jombang 1952- 2009: studi historis tentang perkembangan dan pengaruhnya dalam masyarakat. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Gadis Kurniawati_A02206014.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30864

Abstract

Sebagai Lembaga Pendidikan Islam Tertua di Indonesia, pesantren mempunyai pengaruh, dampak, fungsi dan peranan penting bagi kehidupan masyarakat. Hal tersebut menimbulkan beragam keunikan interaksi antar masyarakat di sekitar pondok pesantren. Skripsi yang berjudul "Pondok Pesantren Gading Mangu, Perak - Jombang 1952- 2009 (Studi Historis Tentang Perkembangn;an Dan Pengaruhnya Dalam Masyarakat) bertujuan untuk mengetahui secara objektif sejarah berdirinya Ponpes Gading Mangu, perkembangannya, segala aktifitas, kurikulum yang diajarkan dan pengaruhnya terhadap masyarakat sekitar. Data dan informasi dalam penulisan ini diperoleh dengan menggunakan Pendekatan Historis, yang meliputi Pemilihan Topik, Heuristik, Kritik Sumber, Interpretasi atau Penafsiran, dan Histografi, sehingga diperoleh gambaran yang jelas tentang Ponpes Gading Mangu, Perak -Jombang. Ponpes Gading Mangu merupakan sumber awal berdirinya Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) yang termasuk salah satu golongan pembaharu Islam di Indonesia yang menyadari perubahan untuk masa depan Islam. Walaupun mengalami banyak sekali rintangan, hambatan dalam perjalanannya, namum Ponpes Gading Mangu berhasil bertahan dan memberikan dampak serta pengaruh yang besar bagi perubahan Desa Gading Mangu khususnya dan masyarakat sekitar pada umumnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurniawati, Gadis--UNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah, Masyarakat
Pesantren
Keywords: Pesantren; masyarakat
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Apr 2019 04:13
Last Modified: 02 Apr 2019 04:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30864

Actions (login required)

View Item View Item