Pengembangan partisipasi komunitas perempuan Nelayan dalam pendidikan anak melalui model kolaboratif

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fuad, Ah. Zakki and Fauzan, Fauzan and Alfin, Jauharoti (2018) Pengembangan partisipasi komunitas perempuan Nelayan dalam pendidikan anak melalui model kolaboratif. Pengabdian kepada Masyarakat Berbasis Madrasah.

[img] Text
Jauharoti Alfin_Pengembangan partisipasi komunitas perempuan Nelayan dalam pendidikan anak melalui model kolaboratif.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini didasari untuk mengubah pandangan dan sekaligus meng-upgrade pengetahuan orang tua perempuan, khususnya perempuan di komunitas nelayan di Dusun Dengok, Desa Kandangsemangkon, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. Penelitian berbasis pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran kolaboratif melalui pendidikan non-formal bagi komunitas perempuan nelayan. Mixed methods embedded experimental digunakan untuk menguji efektivitas pemberian perlakukan (treatment) yaitu model kolaboratif terhadap pengembangan partisipasi perempuan nelayan dalam pendidikan dan pengaruhnya terhadap pendidikan anak. Perlakuan dan pendampingan diberikan kepada 30 orang tua perempuan selama 8 kali pembelajaran non formal melalui metode eksperimen. Hasil penelitian ini berupa produk model kolaboratif dalam bentuk kurikulum, silabus, sintak model belajar, rencana pembelajaran, dan bahan ajar. Hasil penerapan menunjukkan bahwa, model kolaboratif yang dikembangkan dan di terapkan secara signifikan efektif untuk (1) meningkatkan pemahaman konsep dan kesadaran perempuan nelayan dalam pendidikan, (2) meningkatkan keterlibatan perempuan nelayan dalam pendidikan, (3) berpengaruh terhadap pendidikan anak di sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fuad, Ah. ZakkiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Fauzan, FauzanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Alfin, Jauharotialfin@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pemberdayaan > Perempuan
Pendidikan > Pendidikan Anak
Pemberdayaan > Pemberdayaan Perempuan
Keywords: Partisipasi Orang Tua Perempuan; Model Kolaboratif; Pendidikan Anak
Divisions: Karya Ilmiah > Laporan Pengabdian
Depositing User: Alfin Jauharoti Alfin
Date Deposited: 02 Apr 2019 07:56
Last Modified: 02 Apr 2019 07:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30872

Actions (login required)

View Item View Item