Modul kurikulum: pengembangan partisipasi komunitas perempuan Nelayan dalam pendidikan anak melalui model kolaboratif

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fuad, Ah. Zakki and Fauzan, Fauzan and Alfin, Jauharoti (2018) Modul kurikulum: pengembangan partisipasi komunitas perempuan Nelayan dalam pendidikan anak melalui model kolaboratif. Pengabdian kepada Masyarakat Berbasis Madrasah.

[img] Text
Jauharoti Alfin_Modul Kurikulum Pengembangan partisipasi komunitas perempuan Nelayan.pdf

Download (9MB)

Abstract

Pengembangan panduan kegiatan pembelajaran bagi komunitas perempuan nelayan dalam pendidikan anak dibatasi pada pembelajaran untuk ibu yang memiliki anak usia kelas 1 sekolah dasar/ madrasah ibtidaiyah. Pengembangan perangkat kegiatan pembelajaran mengacu pada kurikulum yang berlaku di sekolah dasar/ madrasah ibtidaiyah yang kemudian disesuaikan dengan kondisi komunitas perempuan nelayan. Panduan kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan partisipasi komunitas perempuan nelayan dalam pendidikan anak ini meliputi: Modul 1: Kurikulum dan silabus Berupa pemetaan karakteristik perempuan nelayan, kompetensi inti dan kompetensi dasar, capaian kompetensi, materi pembelajaran, serta rumusan kurikulum pembelajaran untuk pengembangan partisipasi perempuan nelayan dalam pendidikan anak yang dilengkapi dengan silabus kegiatan pembelajaran. Modul 2: Sintaks model belajar dan pembelajaran Penjabaran model dan metode pembelajaran yang digunakan selama kegiatan berlangsung Modul 3: Model Manajemen Menguraikan bagaiaman manajemen yang digunakan dalam pendidikan non formal ini Modul 4: Rencana Kegiatan pembelajaran Panduan rencana kegiatan pembelajaran pendidikan non formal yang akan dilakukan Modul 5: Bahan Ajar Dalam modul ini juga dilengkapi bahan ajar untuk membantu orang tua dalam memahami materi pembelajaran anak. Lampiran Jadwal kegiatan pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fuad, Ah. Zakkizakkif@gmail.omUNSPECIFIED
Fauzan, FauzanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Alfin, Jauharotialfin@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Kurikulum
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Partisipasi Orang Tua Perempuan; Model Kolaboratif; Pendidikan Anak
Divisions: Karya Ilmiah > Laporan Pengabdian
Depositing User: Alfin Jauharoti Alfin
Date Deposited: 02 Apr 2019 07:54
Last Modified: 02 Apr 2019 07:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30873

Actions (login required)

View Item View Item