Manajemen mutu terpadu berbasis karakter: studi multi kasus pada Madrasah Aliyah Negeri 3 Model Malang, SMA 2 BPPT RSM Darul Ulum dan MAN Unggulan Tambakberas Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ma'arif, Syamsul and Maliki, Amir and Hurriyah, Lilik (2015) Manajemen mutu terpadu berbasis karakter: studi multi kasus pada Madrasah Aliyah Negeri 3 Model Malang, SMA 2 BPPT RSM Darul Ulum dan MAN Unggulan Tambakberas Jombang. Penelitian Kompetitif Kolekstif.

[img] Text
Syamsul Ma'arif_Manajemen mutu terpadu berbasis karakter.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada awal abad 21 ini, dunia pendidikan di Indonesia menghadapi empat tantangan besar, yaitu era globalisasi, multi krisis, otonomi daerah, harapan atau tuntutan orang tua (masyarakat) terhadap pendidikan mutu, serta pendidikan yang berbasis berkarakter. Berdasarkan laporan Political and Economic Risk Consultancy (PERC) yang berkedudukan di Hongkong, sebagaimana dimuat dalam The Jakarta Post (Vol. 19, No. 127: 2001), diungkapkan bahwa system pendidikan Indonesia adalah yang terburuk di Asia. Pendidikan nasional di Indonesia hanya mendapat tingkat 12 di bawah Vietnam, sedangkan rangking pertama adalah Korea Selatan. Untuk mewujudkan mutu pendidikan sebagaimana yang diharapkan oleh berbagai pihak (stakeholder), maka Total Quality Management (TQM) merupakan salah satu strategi dalam pengelolaan mutu yang berorientasi pada stakeholders yang dilaksanakan secara sistematis, bertahap, menyeluruh, dan berkelanjutan untuk mencapai kepuasan pelanggan dengan mutu yang tinggi (Arcaro, 1995 dan Sallis, 1994). Total Quality Management (TQM) atau Manajemen Mutu Terpadu merupakan konsep yang penting dalam menjamin mutu dan standar dalam pendidikan. Manajemen Mutu Terpadu memberikan landasan filosofis sebagai suatu perangkat alat untuk meningkatkan mutu dengan memperhatikan kebutuhan dan kepuasan pelanggan (stakeholder). Begitu sangat pentingnya Manajemen mutu terpadu bagi sekolah, maka penulis melakukan sebuah penelitian manajemen mutu terpadu berbasis karakter di MAN 3 Model Malang, SMA BPPT RSM Darul Ulum dan MAN Unggulan Tambak Beras Jombang. Penelitian ini akan mengupas tuntas tentang (1) perencanaan strategik manajemen mutu terpadu berbasis karakter pada MAN 3 Model Malang, SMA BPPT RSM Darul Ulum dan MAN Unggulan Tambak Beras Jombang. (2) Implementasi aspek-aspek manajemen mutu terpadu berbasis karakter pada MAN 3 Model Malang, SMA BPPT RSM Darul Ulum dan MAN Unggulan Tambak Beras Jombang yang dapat mewujudkan mutu secara berkelanjutan. (3) Peran kepemimpinan kepala sekolah yang berorientasi pada mutu di MAN 3 Model Malang, SMA BPPT RSM Darul Ulum dan MAN Unggulan Tambak Beras Jombang. (4) Cara menumbuhkembangkan nilai-nilai budaya mutu dalam sistem manajemen MAN 3 Model Malang, SMA BPPT RSM Darul Ulum dan MAN Unggulan Tambak Beras Jombang (5) Pengawasan dan pengendalian mutu terpadu berbasis karakter pada MAN 3 Model Malang, SMA 2 BPPT RSM Darul Ulum dan MAN Unggulan Tambak Beras Jombang Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini akan mendeskripsikan manajemen mutu terpadu berbasis karakter di beberapa sekolah tingkat SMA di jawa timur. Adapun pendekatan yang dilakukan penulis dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini adalah penelitian lapangan, yakni penelitian yang diadakan berbasis pada suatu tempat tertentu, yakni MAN Model Malang, SMA BPPT RSM Darul Ulum dan MAN Unggulan Tambak Beras Jombang. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode wawancara atau Interview, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data penelitian yang ada dianalisis dengan cara mereduksi data yang terkumpul, menyajikan data yang telah diseleksi, selanjutnya memverifikasi atau menyimpulkan hasil penelitian. Untuk mengetahui apakah data yang digunakan dalam penelitian ini sudah sah dan layak untuk dijadikan data dalam sebuah penelitian, maka penulis menggunakan metode trianggulasi dan Focus Group Discussion (FGD) dengan mengundang pakar. Penelitian ini akan dipaparkan dalam lima bab. Bab pertama pendahuluan, bab kedua kajian teori, bab ketiga metode penelitian, bab keempat paparan data dan pembahasan hasil temuan penelitian, dan akan diakhiri dengan bab lima yakni penutup.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ma'arif, Syamsulsamsul_jombang@yahoo.comUNSPECIFIED
Maliki, AmirUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Hurriyah, LilikUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Manajemen
Keywords: Manajemen mutu terpadu berbasis karakter
Divisions: Karya Ilmiah > Laporan Penelitian
Depositing User: Ma'arif Syamsul Syamsul
Date Deposited: 04 Apr 2019 07:45
Last Modified: 05 Apr 2019 08:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30899

Actions (login required)

View Item View Item