Peningkatan pemahaman sejarah Isra' Miraj dengan media audio-visual di siswa kelas IV MI Darul Ulum Mojosarirejo Driyorejo Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lestari, Erni Ayu (2019) Peningkatan pemahaman sejarah Isra' Miraj dengan media audio-visual di siswa kelas IV MI Darul Ulum Mojosarirejo Driyorejo Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Erni Ayu Lestari_D97215055.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI materi isra’ miraj di MI Darul Ulum Mojosarirejo. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata pra siklus sebesar 61,79 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 6 siswa dari 28 siswa. Hal tersebut dikarenakan kurang antusiasnya siswa dalam mengikuti pembelajaran SKI di kelas. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut guru bersama peneliti menggunakan media audio-visual. Adapun tujuan peneliti ini adalah 1) Untuk mengetahui penggunaan media audio-visual dalam meningkatkan pemahaman materi Sejarah Isra’ Miraj di kelas IV MI Darul Ulum Mojosarirejo Driyorejo Gresik, 2) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman materi Sejarah Isra’ Miraj setelah menggunakan media audio-visual di kelas IV MI Darul Ulum Mojosarirejo Driyorejo Gresik. Model penelitian yang digunakan merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan model Kurt Lewin. Subjek penelitian 28 siswa kelas IV MI Darul Ulum Mojosarirejo tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tulis menggunakan butir soal uraian, multiple choice, observasi menggunakan instrument lembar observasi aktivitas guru dan siswa, wawancara menggunakan format paduan wawancara guru, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan media audio-visual terbilang lebih mudah dalam meningkatkan pemahaman materi isra’ miraj mata pelajaran SKI di kelas IV MI Darul Ulum Mojosarirejo. Hal ini dapat dilihat dari nilai observasi guru dan siswa pada siklus II yang melebihi indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu sebesar 95,83 (sangat baik) untuk observasi aktivitas guru dan 94,44 (sangat baik) untuk observasi aktivitas siswa. Sedangkan skor yang diperoleh pada siklus I sebesar 76,39 (cukup), dan 69,44 (cukup). 2) Peningkatan pemahaman materi isra’ miraj pada mata pelajaran SKI terbilang sangat baik setelah menggunakan media audio-visual. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas dan ketuntatasan belajar siswa terutama pada siklus II sebesar 82,86 (sangat baik) dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 82,14% (baik). Dibandingkan pada pra siklus mendapat nilai rata-rata sebesar 61,79 (kurang) dengan presentase tingkat ketuntasan belajar sebesar 21,43% (kurang baik), dan pada siklus I sebesar 74,46 (baik) dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 42,86% (kurang baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lestari, Erni Ayuernilstr25@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Pemahaman; Media audio-visual
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Lestari Erni Ayu
Date Deposited: 12 Apr 2019 01:58
Last Modified: 12 Apr 2019 01:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30944

Actions (login required)

View Item View Item