Implementasi model pembelajaran "inquiry" dalam pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII terhadap motivasi belajar siswa: studi kasus di SMP Darul Ulum Gedongan Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Istianah, Nur (2010) Implementasi model pembelajaran "inquiry" dalam pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII terhadap motivasi belajar siswa: studi kasus di SMP Darul Ulum Gedongan Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Istianah_D01206130.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/30958/

Abstract

Dalam model Inquiry ini menekankan kepada proses mencari dan menemukan. Meteri pelajaran tidal(diberikan secara langsung. Para siswa dalam strategi ini adalah mencari dan menemukan sendiri materi pelajaran, sedangkan guru berperan sebagai fasilitator dan pembimbing siswa untuk belajar. Sedangkan permasalahan yang diambil adalah bagaimana Implementasi model Inquiry pada mata pelajaran Aqidah Akhlak, bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak, adakah pengaruh model Inquiry dalam meningkatkan motivasi pada materi Aqidah Akhlak di SMP Darul Ulum Gedongan Waru Sidoarjo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deduktif, ataupun metode yang di gunakan adalah observasi, interview, dekumentasi, angket. Sedangkan analisis yang digunakan adalah analisis data statika. Dari hasil analisa data tatistik "product moment" pengaruh penggunaan model Inquiry menunjukkan prosentase 53,9%, pada tabel prosentase berada pada nilai 40% - 55%. Mengenani motivasi belajar siswa menunjukkan prosentase 67,6%, pada tabel prosentase berada pada nilai 56% - 75%. Sedanglcan pengaruh pengpmaan model Inquiry dalam proses belajar mengajar penghitungan product moment hasil yang di peroleh adalah 0.218 pada tabel interpretasi barada pada nilai r = 0,20 — 0,40 menunjukkan bahwa antara variabel X dan Y terdapat implikasi yang lemah atau rendah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Istianah, Nur--UNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Keywords: Model pembelajaran; Inquiry; motivasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 08 Apr 2019 04:25
Last Modified: 09 Apr 2019 08:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30958

Actions (login required)

View Item View Item