Pengaruh metode Accelerated Learning terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri Bangsal Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Astuti, Diyah (2011) Pengaruh metode Accelerated Learning terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri Bangsal Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Diyah Astuti_D31205043.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/30962/

Abstract

Accelerated Learning adalah cara belajar cepat yang memberi siswa kesempatan inti esensial tentang cara belajar cepat dan berpikir kreatif. Sedangkan yang dimaksud kealctifan belajar siswa adalah minat belajar siswa adalah aspek-aspek psikologi seseorang yang menampaklcan din dalam beberapa gejala antara lain; gairah, keinginan, perasaan suka untuk melakukan proses perubahan tingkah laku melalui berbagai kegiatan yang meliputi mencari pengetahuan dan pengalaman. Pokok permasalahan yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1. Bagaimana Implementasi Metode Accelerated Learning pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri Bangsal Mojokerto? 2. Bagaimana minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri Bangsal Mojokerto? 3. Bagaimana pengaruh Accelerated Learning terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di MTs Negeri Bangsal Mojokerto? Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti memilih jenis penelitian kuantitatif-korelasional. Karena penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang memerlukan analisis statistik (menggunakan angka-angka) untuk memperoleh kebenaran hipotesa, serta purposive sampling dalam menentukan responden penelitian. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, interview, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus product moment dan uji signifikan dengan rumus "t" menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi antara variabel X dan variabel Y adalah 0,40 dengan nilai uji signifikan 2,6904 di bandingkan dengan r hitung 0,40 dengan r tabel untuk dk=40 (jumlah sampel) dikurangi 2 (jumlah variabel)=. 38. Nilai tabel untuk taraf signifikan 5% menunjukkan nilai 0,304 dan taraf signifikan 1% menunjukkan nilai 0,393. Karena r hitung lebih besar dan i r tabel, maka berarti H ditolak dan Ha diterima. Berarti ada pengaruh antara metode Accelerated Learning terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Astuti, DiyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Keywords: Accelerated Learning; Minat Belajar Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 08 Apr 2019 07:35
Last Modified: 08 Apr 2019 08:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30962

Actions (login required)

View Item View Item