Pendidikan Islam dalam Perspektif Prof. H.M. Arifin

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Haris, Muhammad (2010) Pendidikan Islam dalam Perspektif Prof. H.M. Arifin. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Haris_D01206151.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30969

Abstract

Pendidikan Islam dalam skala umum memberikan proses pendewasaan individu muslim/muslimah yang hendak mencapai tujuan kehidupan yang bahagia baik di dunia maupun di akhirat kelak. Pendidikan Islam pun dalam masa kini tidak ubahnya memiliki nilai-nilai normatif dan hisotoris yang mendasarkan sumber ajaran agama Islam. Komponen-kornponen pendid ikan Islam, yaitu: pengertian pendidikan Islam, dasar dan tujuan pendidikan Islam, kurikulum pendidikan Islam, metode pendidikan Islam, evaluasi pendidi kan Islam dan lembaga pendidikan Islam, secara um um digagas dan dikemas yang merujuk pada nilai-nilai arajan agama Islam. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: a). Bagaimana konsep pendidikan Islam secara umum? b). Bagaimana konsep pendidikan Islam yang digagas oleh Prof. H.M. Arifin? Sedangkan tujuan penyusunan skripsi ini adalah: a). Mengetahui konsep pendidikan Islam secara umum, b). Mengetahui konsep pendidikan Islam yang digagas oleh Prof. H.M. A.rifin. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library reserch). Kemudian dalam menjawab permasalahan tersebut, penulis melakukan beberapa langkah dengan metode pengumpulan data terhadap sumber-sumber buku dan sumber data pendukung. Metode analisa terhadap pemikiran H.M Arifin yang penulis gunakan dengan metode deduktif dan induktif mendasarkan pada deskriptif analitis. Pendidikan Islam yang meliputi pengertian pendidikan Islam, dasar dan tujuan pendidikan Islam, kurikulum pendidikan Islam, metode pendidikan Islam, evaluasi pendidikan Islam dan lembaga pendidikan Islam, secara umum di gagas dan dikemas yang merujuk pada nilai-nilai arajan agama Islam. Pendidikan Islam yang digagas oleh Prof. H.M Arifin memiliki perbedaan dan persamaan. Persamaan pemikiran terletak pada pengertian pendidikan Islam, dasar dan tujuan pendidikan Islam. Sedangkan perbedaan pemikiran pada komponen pend idikan Islam, kmikulum pendidikan Islam, metode pendidikan Islam, evaluasi pendidikan Islam dan lembaga pendidikan Islam. Dalam slaipsi ini, penulis menemukan kelebihan pemikiran Prof. H.M Arifin dalam beberapa komponen pendidi kan Islam, yaitu: kurikulum pendidikan Islam, metode pendidikan Islam, evaluasi pendidikan Islam dan lembaga pendidikan Islam. Dalam hal kelebihan tersebut, penulis menyimpulkan beliau mempunyai corak pemikiran yang komprehensif dan sinergis dengan ajaran agama Islam. Tentu hal tersebut berbeda dengan pcmikir pendidikan Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Haris, Muhammad--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: Pendidikan Islam; Prof. H.M. Arifin; pendewasaan individu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 08 Apr 2019 08:53
Last Modified: 08 Apr 2019 08:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30969

Actions (login required)

View Item View Item