Implementasi pengendalian risiko pada produk Asuransi Jasindo Oto Plus di PT Asuransi Jasindo Syariah KP Surabaya dalam perspektif pengendalian risiko Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syaifudin, Muhammad (2019) Implementasi pengendalian risiko pada produk Asuransi Jasindo Oto Plus di PT Asuransi Jasindo Syariah KP Surabaya dalam perspektif pengendalian risiko Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Syaifudin_G04215026.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Implementasi Pengendalian Risiko pada Produk Asuransi Jasindo Oto Plus di PT Asuransi Jasindo Syariah KP Surabaya dalam Perspektif Pengendalian Risiko Islam” merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan terkait implementasi pengendalian risiko pada asuransi Jasindo Oto Plus di PT Asuransi Jasindo Syariah (PT AJS) KP Surabaya dan tinjauannya dalam perspektif pengendalian risiko Islam. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang didasarkan datadata yang terjadi di lapangan setelah itu dikumpulkan lalu dianalisis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara langsung dengan semua karyawan di PT AJS KP Surabaya dan agen, serta didukung dengan dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian. Setelah pengumpulan data, dilakukan analisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah dalam pengendalian risiko SDM di PT AJS KP Surabaya telah sesuai dengan pengendalian risiko Islam, namun kurang memberikan dampak yang optimal. Dalam pengendalian risiko pemasaran di PT AJS KP Surabaya sudah sesuai dengan pengendalian risiko Islam. Dalam pengendalian risiko operasional di PT AJS KP Surabaya sudah sesuai dengan pengendalian risiko Islam, namun kurang memberikan dampak yang optimal. Dalam pengendalian risiko klaim yang dilakukan PT AJS KP Surabaya kurang sesuai dengan pengendalian risiko Islam. Dari hasil penelitian ini diharapkan agar PT AJS KP Surabaya dalam mengendalikan risiko SDM dan operasional menggunakan cara penambahan karyawan untuk AE Perbankan dan admin, yang bertujuan memperbanyak pangsa pasar dan mempercepat pembuatan polis. Dalam mengendalikan risiko klaim seharusnya PT AJS KP Surabaya melakukan survey pada mobil yang akan diasuransikan untuk menghindari moral hazard peserta, selain itu seharusnya PT AJS KP Surabaya melakukan pemahaman kepada peserta terkait polis asuransi Jasindo Oto Plus, agar komplain dari peserta bisa dihindari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syaifudin, Muhammadsyaifudinalwarisy7@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Asuransi Islam
Ekonomi Islam
Keywords: Pengendalian Risiko Islam; Asuransi Syariah; Asuransi Kendaraan Bermotor Roda Empat.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Syaifudin Muhammad
Date Deposited: 09 Apr 2019 01:10
Last Modified: 09 Apr 2019 01:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30971

Actions (login required)

View Item View Item