Pengembangan bahan ajar mata pelajaran Fiqih berbasis multimedia interaktif pada peserta didik kelas VII di MTSN 12 Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

zaman, badruz (2019) Pengembangan bahan ajar mata pelajaran Fiqih berbasis multimedia interaktif pada peserta didik kelas VII di MTSN 12 Jombang. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Badruzzaman_F02315052.pdf

Download (4MB)

Abstract

Guru mempunyai peran sangat penting dalam menciptakan suasana kegiatan belajar mengajar yang menyenangkan merupakan salah satu bagian dari kompetensi profesionalisme pendidik. Pemanfaatan media pembelajaran berbasis multimedia dalam proses pembelajaran merupakan salah satu bentuk pilihan utama bagi seorang pendidik dalam membangkitkan semangat, minat, dan stimulus kegiataan belajar sehingga peserta didik merasa senang dan mudah memahami materi pembelajaran.Penelitian ini bertujuan: 1. Untuk mengetahui pembelajaran mata pelajaran Fiqih kelas VII di MTsN 12 Jombang sebelum memanfaatkan multimedia interaktif Autoplay studio 8, 2. Untuk mengetahui multimedia interaktif Autoplay studio 8 pada mata pelajaran Fiqih yang dikembangkan untuk pesereta didik kelas VII di MTsN 12 Jombang, dan 3. Untuk mengetahui efektifitas pembelajaran bahan ajar mata pelajaran Fiqih dengan memanfaatkan multimedia interaktif Autoplay studio 8 pada mata pelajaran Fiqih untuk pesereta didik kelas VII di MTsN 12 Jombang. Keefektifan penggunaan media Autoplay terhadap peningkatan minat belajar peserta didik. Penelitian ini di lakukan di MTsN 12 Jombang pada pesereta didik kelas VII sebab proses belajar yang dilaksanakan di sekolah tersebut khususnya pada mata pelajaran Fiqih telah menggunakan metode ceramah, diskusi dan terkadang multimedia, akan tetapi masih terbatas pada penggunaan media power point sehingga kelihatan kurang efektif dalam proses belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau yang biasa disebut dangan research and development. Sedangkan sampel menggunaan metode desain pengembangan Borg & Gall. Data yang digunakan adalah nilai ulangan harian sebelum dan setelah diberi perlakuan, kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan multimedia interaktif berbasis autoplay rata-rata hasil post-test menunjukkan kemampuan kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 67.35 untuk kelas kontrol dan 82.35 untuk kelas eksperimen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
zaman, badruzbadruz.zaman0102@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Guru
Pendidikan > Media
Pendidikan > Sumber Belajar
Keywords: Pengembangan; Bahan Ajar; Pembelajaran Fiqih; Multimedia Interaktif
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Badruzzaman Badruzzaman
Date Deposited: 12 Apr 2019 08:52
Last Modified: 12 Apr 2019 08:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30993

Actions (login required)

View Item View Item