Pengaruh input dengan hasil belajar siswa dalam bidang studi Aqidah Akhlak di MIN dan MIS Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faizatulifa, Nourma (2011) Pengaruh input dengan hasil belajar siswa dalam bidang studi Aqidah Akhlak di MIN dan MIS Bojonegoro. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nourma Faizatulifa_D01207131.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30995

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena input merupakan faktor yang berpengaruh dalam menentukan hasil belajar para siswa, maka keluarga barus memperhatikan proses belajar anak-anaknya baik dirumah maupun di sekolah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam bidang studi aqidah akhlak, 2). Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh input dengan hasil belajar siswa dalam bidang studi aqidah akhlak. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif korelasional yaitu penelitian lapangan yang memerlukan analisis statistik (data berupa angka) dengan menggunakan jenis penelitian korelasional yang tujuannya untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara variabel pertama dengan variabel kedua. Tekhnik sampling dalam penelitian ini menggunakan pendekatan populasi yakni siswa MIN Kepatihan Bojonegoro dan MINU Bojonegoro yang berjumlah 334 dan 331 siswa. Metode yang dipakai dalam pengumpulan data diantaranya adalah observasi, angket serta dokumentasi. Kesimpulan yang diperoleh dari penlitian ini adalah sebagai berikut: Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan, bahwa input mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam bidang studi aqidah akhlak, 5% diperoleh rtabel adalah 0,284 dan tarif nignifikan 1% diperoleh rtabel 0,368. Hasil belajar siswa dalam bidang studi aqidah akhlak di MIN Kepatihan Bojonegoro dan MINU Bojonegoro sudah baik. Adanya tersebut dapat dibuktikan dengan hasil perbitungan dari nilai raport yang dicapai dan hasil angket yang memperoleh angka sebesar 0,662 dan 0,689 dengan jumlah responden 50 orang. Berdasarkan table interpretasi nilai r, angka 0,662 dan 0,689 berada diantara 0,600 sampai 0.800 yang mana angka ini menunjukan bahwa korelasinya tinggi. Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan, bahwa input mempunyai pengaruh terbadap hasil belajar siswa di MIN Kepatihan Bojonegoro dan MINU Bojonegoro.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faizatulifa, Nourma--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Input; hasil belajar siswa; Aqidah Akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Apr 2019 07:27
Last Modified: 09 Apr 2019 07:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30995

Actions (login required)

View Item View Item