Tafsir Salman dalam Perspektif Metodologi tafsir ‘ilmi Ahmad al Fadil

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hakim, Rahman (2019) Tafsir Salman dalam Perspektif Metodologi tafsir ‘ilmi Ahmad al Fadil. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rahman Hakim_F03216045.pdf

Download (8MB)

Abstract

Tafsir Salman merupakan tafsir al-Qur’an yang disusun oleh sekelompok dosen umum, pemikir dan ustaz dari kampus ITB yang menamakan diri mereka sebagai Tim Tafsir Ilmiah Salman ITB. Tafsir Salman dipublikasikan kepada publik untuk pertama kalinya pada tahun 2014. Sebagai kitab tafsir yang mengusung interpretasi al-Qur’an dengan corak ilmiah, Tafsir Salman berupaya memberikan nuansa lain penafsiran al-Qur’an melalui penggunaan teori-teori sains untuk menjabarkan makna al-Qur’an. Penelitian pada disertasi ini fokus membahas tiga pokok permasalahan. Pertama, untuk mengkaji hakikat kaidah tafsir ‘ilmi dalam perspektif Ahmad al-Fadil. Kedua, mengkaji metode Tafsir Salman serta latar belakang penulisannya. Ketiga, menganalisis secara kritis aspek korelasi antara tafsir ayat dengan teori ilmu pengetahuan umum modern dalam Tafsir Salman perspektif Ahmad al-Fadil. Penelitian dalam disertasi ini adalah penelitian kualitatif dan bersifat studi pustaka (library research). Peneliti menggunakan metode deduktif untuk menjelaskan persoalan tafsir ‘ilmi. Penelitian ini juga menggunakan teori analisis tafsir ‘ilmi perspektif Ahmad al-Fadil, untuk mengkaji interpretasi ilmiah Tafsir Salman yang mengorelasikan tafsir ayat al-Qur’an dengan teori-teori sains. Riset ini sampai pada kesimpulan berikut: Pertama, dalam menganalisis aspek korelasi antara tafsir ayat dengan teori sains perspektif Ahmad al-Fadil, diperlukan korelasi pada empat hal yaitu (1) gramatika bahasa Arab (2) tinjauan terhadap makna asli mufradat (3) pengindahan terhadap siyaq ayat (4) tidak mengkaji ayat yang berkenaan dengan mukjizat. Kedua, Metodologi kitab Tafsir Salman ditinjau dari sumber penafsirannya menggunakan metode tafsir bi al-ra’y, dari cara penjelasannya menggunakan metode muqarin, dari segi keluasan penjelasannya masuk dalam kategori itnabi, dari segi tertib ayatnya menggunakan metode mawdu’i, dan dari segi ittijah tafsirnya termasuk kitab tafsir yang memiliki kecenderungan corak tafsir ‘ilmi. Latar belakang penulisannya adalah ekspektasi tim penulisnya untuk mengisi kekurangan referensi di bidang tafsir ‘ilmi yang menurut mereka kurang diperhatikan oleh intelektual muslimin sendiri. Ketiga, mengacu pada kaidah tafsir ‘ilmi yang dirumuskan oleh Ahmad al-Fadil, ditemukan sejumlah penafsiran yang memiliki korelasi antara ayat dan ilmu pengetahuan modern dan juga ditemukan pula sejumlah interpretasi yang penafsiran ilmiahnya terkesan dipaksakan sehingga tidak korelatif dengan kandungan aslinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hakim, Rahmanamanghakim88@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Al Qur'an
Keywords: afsir ‘Ilmi; Korelasi; Tafsir Salman
Divisions: Program Doktor > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Hakim Rahman
Date Deposited: 11 Apr 2019 01:17
Last Modified: 11 Apr 2019 01:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31010

Actions (login required)

View Item View Item