Peningkatan kemampuan menghitung pada pembelajaran Matematika materi Penaksiran Hasil Operasi Hitung melalui strategi The Power of Two siswa Kelas IV MI Badrussalam Pradah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurmala, Zuni (2019) Peningkatan kemampuan menghitung pada pembelajaran Matematika materi Penaksiran Hasil Operasi Hitung melalui strategi The Power of Two siswa Kelas IV MI Badrussalam Pradah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zuni Nurmala_D97215082.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan menghitung siswa yang berbeda-beda. Cara guru menjelaskan yang monoton serta tidak bervariasi membuat peserta didik yang kurang mampu dalam meteri Penaksiran Hasil Operasi Hitung akan ramai sendiri dan cenderung menggangu temannya yang belajar. Alasan lainnya yaitu kemampuan menghitung siswa yang sangat rendah, dapat dilihat hanya 16 % siswa memenuhi KKM kemampuan menghitung yaitu 70 dan nilai rata-rata kemampuan menghitung kelas IV materi penaksiran hasil operasi hitung yaitu 48. Atas dasar latar belakang yang telah tertera, peneliti menggunakan strategi the power of two. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui penerapan Strategi The Power Of Two pada Pembelajaran Matematika Materi Penaksiran Hasil Operasi Hitung siswa kelas IV MI Badrussalam Pradah Surabaya, 2) Mengetahui Peningkatan Kemampuan Menghitung pada Pembelajaran Matematika Materi Penaksiran Hasil Operasi Hitung siswa kelas IV MI Badrussalam Pradah Surabaya. Penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan model Kurt Lewin. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV MI Badrussalam tahun ajaran 2018 dengan jumlah siswa 32 anak, yang terdiri 16 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan pengamatan (observasi), tes, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan strategi the power of two materi penaksiran hasil operasi hitung kelas IV MI Badrussalam Pradah Surabaya, nilai aktivitas guru pada siklus I adalah 95,84 (sangat tinggi) kemudian dengan perbaikan hasilnya meningkat menjadi 97,62 (sangat tinggi) pada siklus II. Pada siswa siklus I mendapat nilai sebesar 83,82 (sangat tinggi) dan mengalami peningkatan menjadi 94,12 (sangat tinggi) pada siklus II. 2) Peningkatan kemampuan menghitung materi penaksiran hasil operasi hitung kelas IV MI Badrussalam Pradah Surabaya melalui strategi the power of two pada data prasiklus, nilai rata-rata kemampuan menghitung kelas yaitu 48,06 (sedang) dan hanya 16% siswa yang tuntas, pada siklus I nilai ratarata kemampuan menghitung sebesar 66,09 (tinggi) dan hanya 50% siswa yang tuntas, pada siklus II nilai rata-rata kemampuan menghitung kelas 92,81 (sangat tinggi) dan 94% siswa tuntas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurmala, Zunizuninurmala50.zn@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurmala Zuni
Date Deposited: 10 Apr 2019 07:35
Last Modified: 10 Apr 2019 07:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31042

Actions (login required)

View Item View Item