Peningkatan hasil belajar matematika materi operasi hitung bilangan bulat melalui strategi pembelajaran Index Card Match pada siswa kelas VI MI Bina Bangsa Krembangan Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aufa, Vera Nur (2019) Peningkatan hasil belajar matematika materi operasi hitung bilangan bulat melalui strategi pembelajaran Index Card Match pada siswa kelas VI MI Bina Bangsa Krembangan Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vera Nur Aufa_D97215079.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas VI MI Bina Bangsa Krembangan Surabaya pada mata pelajaran Matematika materi operasi hitung bilangan bulat. Hal tersebut terjadi karena siswa menganggap pembelajaran matematika adalah sesuatu yang sulit. Selain itu pembelajaran matematika juga lebih banyak menggunakan metode ceramah yang mengakibatan siswa menjadi pasif dalam pembelajaran. Menanggapi hal tersebut, maka diperlukan penerapan strategi Index Card Match untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi operasi hitung bilangan bulat pada kelas VI MI Bina Bangsa Krembangan Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui penerapan strategi Index Card Match untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas VI MI Bina Bangsa Krembangan Surabaya. 2) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika materi operasi hitung bilangan bulat setelah diterapkannya strategi Index Card Match di kelas VI MI Bina Bangsa Krembangan Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap, yakni perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VI MI Bina Bangsa Krembangan Surabaya dengan jumlah siswa sebanyak 24 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan strategi Index Card Match pada pelajaran matematika di kelas VI MI Bina Bangsa Krembangan Surabaya dapat dikatakan berhasil dengan kategori sangat baik. Kategori tersebut dapat dibuktikan dengan hasil observasi aktivitas guru yang mendapatkan nilai 80,9 (baik) pada siklus I dan meningkat menjadi 98,8 (sangat baik) pada siklus II, sedangkan hasil observasi aktivitas siswa mendapatkan nilai 78,5 (cukup) pada siklus I dan meningkat menjadi 98,8 (sangat baik) pada siklus II. 2) Hasil belajar siswa pada penelitian ini juga mengalami peningkatan dengan kategori baik. Peningkatan tersebut dapat diketahui dari persentase ketuntasan belajar siswa. Pada pra siklus sebesar 12,5% (Gagal) siswa tuntas, kemudian meningkat menjadi 62,5% (Kurang) pada siklus I dan 87,5% (Baik) pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aufa, Vera Nurveranuraufa02@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Index Card Match; Operasi Hitung Bilangan Bulat; Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aufa Vera Nur
Date Deposited: 11 Apr 2019 04:42
Last Modified: 11 Apr 2019 04:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31077

Actions (login required)

View Item View Item