Analisis hukum Islam terhadap Wakaf Online Via Deposit pulsa di PT Duta Future International-Duta Business School Bandung

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syafiuddin, Moh. (2010) Analisis hukum Islam terhadap Wakaf Online Via Deposit pulsa di PT Duta Future International-Duta Business School Bandung. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Syafiuddin_C01304117.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31081

Abstract

Judul skripsi ini adalah "Analisis Hukum Islam terhadap Waka/ Online Via Deposit Pulsa di PT. Duta Future International-Du ta Business School Bandung".?enelitian ini dilakukan untuk menjawab pertanyaan: Bagaimana pelaksanaan wakaf Online via deposit pulsa di PT. Duta Future Intemational-Duta Business School Bandung?Bagaimana analisis hukum Islam terhadap pelaksanaan wakaf Online via ieposit pulsa di PT. Duta Future lnternational-Duta Business School Bandung? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research), yaitu penelitian terhadap pelaksanaan wakaf Online via deposit pulsa di PT. Duta Future lntemational­ Duta Business School Bandung. Data yang diperlukan dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknis wawancara dan studi dokumen. Jenis data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan deskriptif-verifikatif dengan logika induktif yakni tata cara pelaksanaan wakaf Online secara khusus, dan kemudian dianalisis sehingga ditemuk.an pemahaman yang bersifat umum. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa; Wakaf Online via deposit pulsa adalah, wakaf yang transaksinya dilakukan secara Online {elektronik), hal ini merupakan renovasi terhadap sistem perwakafan di Indonesia. Peran PT. Duta Future Intemational­ Duta Business School Bandung adalah sebagai lembaga pengelola harta wak.af untuk didistribuksikan kapada yang berhak. Sedangkan analisis hukum Islam terhadap wakaf Online via deposit pulsa yang dilaksanakan oleh PT. Duta Future Intemational-Duta Business School Bandung berdasarkan metode qiyis yang ditempkan dengan melihat kepada diwam al-intifi' benda wakaf, aplikasi wak.af Online lebih mudah, efisien, dan dapat diawasi oleh siapa saja, Oleh karena itu, praktek wakaf Online menjadi sah dengan mensyaratkan terjaminnya barang wakaf dari persengketaan. Namun menurut pandangan Undang-undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf, ke absahan tersebut diragukan kerena PT. Duta Future Intemational-Duta Business School Bandung tidak. dibekali sertifikat oleh Badan Wakaf Indonesia. Sejalan dengan kesimpulan di atas, mak.a disarankan kepada PT. Duta Future lnternational-Duta Business School Bandung agar memperhatikan Undang-Undang perwakafan di Indonesia atas praktek wakaf yang dilaksanakan, demi kesejahteraan umat dan keutuhan prinsip syari'ah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syafiuddin, Moh.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Wakaf
Keywords: Wakaf Online
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Apr 2019 04:06
Last Modified: 11 Apr 2019 04:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31081

Actions (login required)

View Item View Item