Peningkatan hasil belajar materi penyajian data pada mata pelajaran matematika melalui model kooperatif tipe group investigation pada siswa kelas V MI Muhammadiyah 23 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saraswati, Dian (2019) Peningkatan hasil belajar materi penyajian data pada mata pelajaran matematika melalui model kooperatif tipe group investigation pada siswa kelas V MI Muhammadiyah 23 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dian Saraswati_D07215007.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V pada materi penyajian data mata pelajaran Matematika. Hal ini dapat dilihat pada saat pembelajaran di kelas, ada beberapa siswa yang ramai dan sulit dikondisikan pada saat pelajaran dan menganggap matematika adalah pelajaran yang sulit. Selain itu persentasi ketuntasan hasil belajar siswa pada pra siklus juga rendah yaitu 31,57%. Maka dari itu upaya yang dilakukan peneliti dalam meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan model kooperatif tipe group investigation.Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui penerapan model kooperatif tipe group investigation pada mata pelajaran matematika materi penyajian data pada siswa kelas V MI Muhammadiyah 23 Surabaya. 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar materi penyajian data pada mata pelajaran matematika pada siswa kelas V MI Muhammadiyah 23 Surabaya melalui model kooperatif tipe group investigation.Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus dengan menggunakan model Kurt Lewin yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian di lakukan di kelas V MI Muhammadiyah 23 Surabaya yang terdiri dari 19 siswa. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, tes hasil belajar dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) Penerapan model kooperatif tipe group investigation pada materi penyajian data dapat terlaksana dengan baik. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 75 (Cukup) dan meningkat menjadi 90 (Sangat baik) pada siklus II. Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I yaitu 66,67 (Cukup) dan meningkat menjadi 90,28 (Sangat Baik) pada siklus II. 2) Peningkatan hasil belajar siswa materi penyajian data pada siswa kelas V MI Muhammadiyah 23 Surabaya setelah melalui model kooperatif tipe group investigation dapat dilihat dari persentase ketuntasan siswa pada pra siklus yaitu 31,57% (Kurang sekali), siklus I 68,42% (Cukup) dan siklus II 89,47% (Sangat baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saraswati, Dianyandian508@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Pelajaran matematika ; model kooperatif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Saraswati Dian
Date Deposited: 12 Apr 2019 06:58
Last Modified: 12 Apr 2019 06:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31085

Actions (login required)

View Item View Item